Wah! ASN di DKI Jakarta Bakal WFH selama KTT ASEAN September 2023



JELANG KTT ASEAN - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengapresiasi kebijakan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono yang ingin menerapkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) selama pelaksanaan KTT ASEAN pada September nanti. 

Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB, Mohammad Averrouce mengatakan, penerapan WFH tersebut diharapkan tidak mengganggu pelayanan publik terhadap masyarakat. 

"Prinsipnya pelayanan publiknya tidak terganggu, kan sekarang sudah bisa dilakukan secara online," kata dia dihubungi Kompas.com, Rabu (9/8/2023). 


Penerapan WFH sendiri hanya berlaku untuk kawasan berlangsungnya kegiatan KTT ke-43 ASEAN. 

"Kan konteksnya enggak keseluruhan (instansi terapkan WFH). Karena pola kerjanya diatur sesuai kebutuhan," ujarnya. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Dubes ASEAN dan Mitra Naik MRT

Sebelumnya Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menerapkan WFH untuk seluruh ASN Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada September 2023. Penerapan itu nantinya akan diatur lewat Intruksi Gubernur (Ingub). 

"Di wilayah pemda DKI saya akan memastikan membuat keputusan instruksi gubernur," ujar Heru Budi, Selasa (8/8/2023). 

Baca Juga: ASEAN Harus Jadi Jangkar Perdamaian Dunia

KTT ke-43 ASEAN yang berlangsung pada 5-7 September 2023 di jakarta ini akan diikuti oleh para pemimpin negara anggota organisasi regional tersebut dan para kepala negara/pemerintahan dari negara-negara mitra ASEAN.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "ASN DKI WFH Selama KTT ASEAN, Kementerian PANRB: Prinsipnya Pelayanan Publiknya Tidak Terganggu" Penulis : Ade Miranti Karunia Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie