Wah, bahasa Indonesia jadi bahasa kedua di Universitas Al-Azhar di Kairo



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir, resmi menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di kampus mereka. Peresmiannya melalui seremoni oleh Fakultas Bahasa dan Terjemah Universitas Al-Azhar pada pekan lalu.

Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzy menyebutkan, di antara tujuan utama pengajaran bahasa Indonesia di Universitas Al-Azhar adalah, bahasa Indonesia banyak digunakan oleh mayoritas bangsa di Asia Tenggara, yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Di Asia Tenggara, banyak muncul ulama dan pemikir Islam. Sayang, karya-karya mereka belum banyak para pemikir dunia Arab ketahui. Selain itu, negara-negara tersebut juga membutuhkan para ulama dan dai dari Universitas Al-Azhar yang menguasai tradisi dan budaya setempat.

Baca Juga: Jokowi teken Perpres, pidato Presiden di luar negeri wajib pakai bahasa Indonesia

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Al-Azhar yang telah menerima bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di Fakultas Bahasa dan Terjemah Al-Azhar,” kata Helmi seperti dikutip situs resmi Sekretariat Kabinet, Minggu (13/10).

Rektor Universitas Al-Azhar Mohamed Husein al-Mahrashawi menyampaikan, pengajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua adalah langkah awal dalam mempersiapkan pembukaan Progam Studi Indonesia di kampusnya.

Editor: S.S. Kurniawan