Wah! Desain iPhone 5 tampil beda dari pendahulunya



CALIFORNIA. Peluncuran ponsel pintar iPhone 5 milik Apple kembali menarik perhatian publik dunia. Produk yang akan dirilis Oktober nanti itu, dikabarkan memiliki desain yang berbeda dari produk iPhone sebelumnya.

Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah, adanya port konektor ukuran 19-pin yang terletak di bagian bawah ponsel. Pada desain produk iPhone sebelumnya, iPod, bahkan iPad menggunakan port konektor ukuran 30-pin.

Artinya, ponsel pintar terbaru itu tidak dapat terkoneksi dengan aksesori iPhone, iPod, atau iPad sebelumnya, tanpa menggunakan aksesori tambahan.


“Sebenarnya ini membuka kesempatan bisnis baru untuk para vendor aksesori,” kata seorang analis teknologi Canalys, Pete Cunningham.

Banyak pengamat teknologi berspekulasi, keputusan Apple menggunakan port 19-pin untuk produk barunya akan menghabisi karier port konektor ukuran 30-pin.

Hal ini bukannya tidak beralasan. Ukurannya yang terlalu besar dinilai tidak lagi efisien. Apalagi, sejak kehadiran teknologi mutakhir seperti microUSB.

Menurut para pengamat, konektor yang lebih kecil akan memberikan ruang yang lebih luas untuk baterai yang lebih besar atau mungkin ukuran produk yang lebih kecil dan praktis.

Sementara itu, Logitech, produsen aksesori untuk Apple menolak memberikan berkomentar. Sebaliknya, beberapa vendor aksesori di China mulai membuat berbagai macam aksesori untuk iPhone 5 plus jaminan akurasi ukuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri