Wajib Waspada! Inilah Berbagai Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda



MOMSMONEY.ID - Berbagai penyebab gagal ginjal di usia muda sering kali terabaikan bahkan tidak diketahui oleh banyak orang. Intip ulasannya di sini.

Pola hidup tidak sehat dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya adalah gagal ginjal. Di Indonesia, ramai diberitakan anak muda menderita gagal ginjal dan harus melakukan cuci darah secara rutin.

Sayangnya, penyebab gagal ginjal di usia muda sering kali terabaikan bahkan tidak diketahui oleh banyak orang.


Oleh karena itu, MomsMoney akan membagikan sejumlah penyebab gagal ginjal di usia muda yang perlu Anda waspadai berikut ini. Bersumber dari Alodokter dan Halodoc, berikut ini adalah penyebabnya:

1. Konsumsi makanan atau minuman manis berlebihan

Jika Anda sering mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula, seperti jus kemasan atau soda, ini bisa meningkatkan risiko gagal ginjal. Minuman bersoda yang diminum secara rutin dan dalam jumlah banyak bisa memicu penyakit ginjal kronis.

Baca Juga: 4 Cara Alami Membersihkan Ginjal yang Efektif, Tertarik Coba?

2. Olahraga berlebihan

Berolahraga memang baik, namun jika dilakukan secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan otot yang serius. Kerusakan ini mengeluarkan protein bernama mioglobin yang bisa merusak ginjal jika mencapai ginjal melalui aliran darah, terutama jika Anda juga mengalami dehidrasi.

3. Konsumsi makanan tinggi garam

Makanan kemasan sering mengandung banyak garam. Mengonsumsi terlalu banyak dapat membebani ginjal dengan kalsium berlebih saat memproses urin, sehingga meningkatkan risiko gagal ginjal.

Baca Juga: Ayo Konsumsi, Berikut 10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Ginjal Anda

4. Kurang minum air putih

Jika Anda sering lupa minum air, terutama saat aktif dan sering berolahraga, tubuh bisa kekurangan cairan.

Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh, yang lama-kelamaan bisa membentuk batu ginjal dan menyebabkan infeksi saluran kemih. Kedua kondisi ini bisa merusak ginjal dan meningkatkan risiko gagal ginjal.

5. Mengabaikan tekanan darah

Penting untuk memeriksa tekanan darah secara rutin. Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat merusak arteri dan mengganggu kemampuan ginjal untuk menyaring darah dengan efektif.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal, Batasi Konsumsinya!

6. Konsumsi minuman berenergi berlebihan

Minuman berenergi mengandung kafein dan taurin yang jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan tekanan darah. Hal ini berpotensi memicu gagal ginjal.

7. Menahan buang air kecil

Menahan buang air kecil bisa membuat urin bertahan lama di kandung kemih. Kondisi ini memungkinkan bakteri berkembang dan meningkatkan risiko infeksi ginjal atau gagal ginjal.

Baca Juga: Patut Waspada, Begini Gejala Gagal Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

8. Konsumsi daging berlebih

Terlalu sering makan daging, terutama yang tinggi protein hewani, bisa meningkatkan asam dalam darah. Kondisi ini, dikenal sebagai asidosis, terjadi ketika ginjal tidak mampu mengeliminasi asam secara efektif, sehingga meningkatkan risiko gagal ginjal.

9. Kondisi kesehatan tertentu

Penyakit seperti polycystic kidney disease, batu ginjal, atau infeksi saluran kemih yang tidak ditangani dengan baik juga bisa meningkatkan risiko gagal ginjal.

Baca Juga: Minuman Terbaik untuk Kesehatan Ginjal Anda, Cek Ada Apa Saja

10. Merokok

Merokok bisa meningkatkan risiko gagal ginjal empat kali lipat. Nikotin dari rokok menyebabkan pembuluh darah menyempit dan meradang, yang mengurangi aliran darah ke ginjal dan bisa merusaknya.

11. Konsumsi obat-obatan tertentu

Obat-obatan seperti ibuprofen, naproxen, dan aspirin, jika digunakan terlalu sering, bisa menghambat senyawa yang membantu mengatur aliran darah ke ginjal, yang bisa mengganggu fungsi ginjal.

Itulah beberapa penyebab gagal ginjal di usia muda yang perlu Anda waspadai. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas