Wakil Ketua MPR jamin pelantikan Jokowi-JK lancar



JAKARTA.  Wakil Ketua MPR RI, EE Mangindaan, memastikan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan berjalan lancar.

Menurutnya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2014-2019 akan berlangsung kondusif pada 20 Oktober 2014 nanti.

"Insya Allah (pelantikan presiden) tidak ada masalah. Akan berjalan lancar dengan suasana kondusif," kata Mangindaan di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Kamis (9/10).


Mantan Menteri Perhubungan itu menuturkan, MPR akan berkoordinasi dengan seluruh Fraksi di DPR untuk pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Karena sesuai UU MD3, MPR yang berkewenangan menyelenggarakan pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Kebetulan kita akan rapat dengan fraksi. Kita pelaksana dan penyelenggara (pelantikan presiden dan wakil presiden), kita imbau supaya sukseskan," tuturnya.

Sebelumnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik menyambangi gedung DPR untuk menemui pimpinan MPR. Kedatangan tersebut untuk membahas penyelenggaraan pelantikan presiden bersama para pimpinan MPR.

"Kami datang menemui pimpinan MPR. Dan tadi diterima lengkap oleh pimpinan MPR," kata Husni, Kamis (9/10).

Husni menuturkan, ia bersama komisioner KPU dan pimpinan MPR membicarakan masa tugas akhir sebagai penyelenggara pemilihan umum. Menurutnya, tugas akhir KPU adalah penyelenggaraan pelantikan presiden.

"Kami punya tanggung jawab pelantikan dilaksanakan sesuai jadwal. 20 Oktober jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU," tuturnya. (Muhammad Zulfikar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie