Walau ada corona, CTRA ramal kontribusi pendapatan dari properti komersial capai 25%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menilai properti komersial masih memiliki peluang di era new normal ini. Direktur Independen Ciputra Development Tulus Santoso menyebutkan selama pandemi virus corona pada kuartal II kemarin, properti komersial memang terdampak cukup signifikan.

"Namun, khusus properti yang berada di kawasan residensial masih ada peluang," ujarnya kepada kontan.co.id, Senin (20/7).

Baca Juga: Laba bersih dan pendapatan Digital Mediatama (DMMX) melonjak di semester I-2020


Ia mencontohkan, pusat perbelanjaan barunya yang berada di Tangerang. Di tengah situasi saat ini, tingkat keterisian tenant-nya mencapai 93%.

Walaupun begitu, ia mengakui permintaan baru terhadap properti komersialnya masih minim. Karenanya, tingkat keterisian properti komersialnya masih mengandalkan kontrak eksisting yang mana dengan skema sewa 5 tahunan.

Selain itu, tambahan pasokan tersebut dinilai untuk bisnis jangka panjang. "Sebab untuk pembangunan satu pusat perbelanjaan saja perlu waktu 3 tahun," tuturnya.

Oleh sebab itu, Tulus menilai hingga tutup tahun kontribusi pendapatan berulang dari segmen tersebut masih akan sama, yakni 25% dari total pendapatan.

Baca Juga: Krakatau Steel (KRAS) luncurkan produk baja ringan

Menilik laporan keuangan kuartal I perusahaan, tercatat segmen rumah hunian dan ruko sebesar Rp 779,75 miliar. Kemudian, kantor sebesar Rp 220,12 miliar, kapling sebesar Rp 41,24 miliar, dan apartemen sebesar Rp 15,44 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi