Wall Street dibuka solid di zona hijau



KONTAN.CO.ID - Bursa Wall Street dibuka lebih solid, Senin (14/8). Bursa saham menghijau menyusul redanya ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara.

Mengutip CNBC, Dow Jones Industrial Average (DJIA) dibuka naik 134,65 poin atau 0,61% ke level 21.992,97 pada pukul 09.16 WIB. 

Senada, indeks S&P 500 menguat 21,26 poin atau 0,88% menjadi 2.462,80. Saham sektor keuangan dan teknologi memimpin penguatan. Sementara, Nasdaq Composite melompat 68,50 poin atau 1,09% ke posisi 6.325. Saham Goldman Sachs berkontribusi paling besar mendukung indeks.

Pasar saham AS keluar dari kinerja mingguan yang buruk, setelah pejabat senior AS berusaha mengurangi risiko konflik militer dengan Korea Utara.

Minggu (13/8), Menteri Pertahanan AS Jim Mattis dan Sekretaris Negara Rex Tillerson menyatakan, pemerintahan Trump akan terus mencari resolusi diplomatik dengan Pyongyang. Keduanya menegaskan, AS tidak memiliki kepentingan untuk mengubah rezim atau percepatan reunifikasi Korea."

"Apa yang kita lihat adalah sedikit reli. Alasannya adalah retorika (antara Korea Utara dan AS) telah mereda, untuk saat ini," kata Peter Cardillo, Kepala Ekonom First Standard Financial, seperti dilansir CNBC, Senin.

CBOE Volatility Index (VIX), sebagai indiktor kecemasan investor, mendekati 13,2, turun lebih dari 15%. Pekan lalu, indeks tersebut mencatat kenaikan mingguan terbesar sejak Desember 2015 ketika situasi Korut-AS memanas. 

Pasar saham juga terbantu dengan sinyal pertumbuhan global. Perekonomian Jepang mencatat pertumbuhan ekonomi kuartal kedua yang lebih baik dari perkiraan, tumbuh 4% secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini