Wall Street masih loyo terdorong aksi jual saham teknologi



KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street lanjutkan pelemahan setelah investor kembali melepas saham-saham teknologi kelas berat pada perdagangan kemarin. 

Jumat (4/9), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 159,42 poin atau 0,56%, ke level 28.133,31 dan indeks S&P 500 kehilangan 28,1 poin atau 0,81% menjadi 3.426,96 serta indeks Nasdaq Composite melemah 144,97 poin atau 1,27% ke posisi 11.313,13.

Aksi jual terhadap sejumlah saham teknologi terus terjadi karena kekhawatiran investor tentang penilaian tinggi serta pemulihan ekonomi yang tidak merata. 

Pada perdagangan kemarin, Wall Street cenderung bergejolak namun akhirnya mereda jelang penutupan. Pada titik terendah perdagangan di akhir pekan ini, indeks Nasdaq yang memiliki bobot saham teknologi cukup besar turun 9,9% dari rekor tertingginya yang dicapai pada Rabu (2/9).

Baca Juga: Kenaikan Wall Street kurang meyakinkan meski tingkat pengangguran AS merosot

Hal serupa juga sempat terjadi pada indeks S&P 500 yang merosot sebentar ke bawah rekor sebelum krisis, yang dicapainya pada bulan Februari. 

Perusahaan mega-cap seperti Apple Inc, Microsoft Inc, Amazon.com Inc dan Facebook Inc juga berhasil mengurangi pelemahan. Meskipun dari grup itu, hanya Apple yang mendapatkan keuntungan yang sangat kecil untuk perdagangan di akhir pekan ini. 

"Setelah mengalami aksi jual yang signifikan pada hari Kamis, beberapa tindak lanjut di pagi hari dan kemudian lebih stabil. Penjualan hari ini cukup sengit," kata Michael Antonelli, Market Strategist Baird di Milwaukee.

"Koreksi seperti ini cukup cepat dan parah. Kami tidak tahu apakah ini sudah selesai. Faktanya kami stabil hari ini bisa menjadi pertanda baik," lanjut Antonelli.

Editor: Anna Suci Perwitasari