Wall Street menguat saat pemilu AS dimulai



NEW YORK. Bursa saham Amerika Serikat dibuka menguat saat warga Paman Sam tengah melakukan pemilihan umum untuk menentukan presiden periode baru dan anggota Kongres, Selasa 6 November.

Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 40,29 poin atau 0,31% ke 13.153,73. Indeks Standard & Poor's 500 lompat 3,21 poin atau 0,23% ke 1.420,47. Bernasib sama, bursa teknologi Nasdaq positif 3,02 poin atau 0,1% ke 3.002,68.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan terjadi persaingan yang sangat ketat antara kedua kandidat yakni Barack Obama dan Mitt Romney. Meskipun, Obama diyakini akan menang dengan selisih yang tak besar.


"Jajak pendapat juga menunjukkan bahwa Kongres akan tetap terpecah di mana Demokrat akan mempertahankan mayoritas mereka di Senat dan Partai Republik menjaga dominasi mereka di DPR," tulis analis Danske Research.

Para analis berpendapat, kekhawatiran terbesar di pasar keuangan adalah kongres tidak akan menyetujui pelunakan kebijakan fiskal yang akan dihadapi AS tahun depan. Saham Wall Street diperkirakan bergerak naik moderat sepanjang transaksi hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: