Wall Street terombang-ambing komentar parlemen AS



NEW YORK. Saham-saham di bursa Amerika Serikat menanjak untuk hari kedua. Gerakan pasar sangat terpengaruh komentar dari anggota parlemen Amerika Serikat tentang negosiasi anggaran untuk mengatasi fiscal cliff.

Kesepuluh sektor dalam indeks Standard & Poor’s melaju. Apple Inc dan Advanced Micro Devices Inc memimpin penguatan di saham-saham teknologi. Indeks S&P naik 0,5% ke 1.416,47 pukul 02.12 pagi di New York. Indeks Dow Jones terangkat 47,38 poin atau 0,4% ke 13.032,49.

Pasar saham hampir saja menghapus kenaikan yang telah diperoleh sebelumnya ketika Jurubicara DPR AS John Boehner mengatakan tak ada perkembangan substantif dalam pembahasan anggaran. Tapi kemudian, Pimpinan Mayoritas Senat AS Harry Reid menambahkan, Demokrat kini sudah dalam perspektif yang sama dalam pembahasan anggaran. Lantas, Senator Chuck Schumer menguatkan komentar itu, berkata bahwa sudah ada perkembangan negosiasi. Pasar pun membaik lagi.


“Akan ada negosiasi yang terpecah yang bakal mengguncang kepercayaan pasar sedikit. Kita akan melihat banyak volatilitas,” kata Jeffrey Kleintop, Chief Market Strategist LPL Financial Corp di Boston.

Sementara itu, semalam Departemen Perdagangan AS merilis angka produk domestik bruto yang tumbuh 2,7% dari setahun lalu, lebih baik dari estimasi 2% sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: