Wall Street Turun, Penurunan Saham Tesla Menekan Nasdaq



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sempat menguat pada pembukaan perdagangan, tiga indeks utama Wall Street melemah pada Selasa (27/12). Penurunan harga saham Tesla menekan Nasdaq.

Selasa (27/12) pukul 21.40 WIB, Dow Jones Industrial Average turun 0,05% ke 33.187. Indeks S&P 500 melemah 0,46% ke 3.826. Sedangkan Nasdaq Composite melorot 0,95%. 

Perubahan kebijakan Covid-19 China mencuat setelah tiga tahun tindakan tanpa toleransi telah menghancurkan ekonomi negara. China membalikkan kebijakan bulan ini dengan mencabut hampir semua pembatasan Covid-19 domestik.


"Dengan China terbuka dan tidak terlalu membatasi, harapannya adalah China akan menunjukkan peningkatan pertumbuhan PDB pada 2023, salah satu dari sedikit negara yang benar-benar menunjukkan peningkatan aktivitas ekonomi untuk tahun depan," kata Sam Stovall, kepala investasi ahli strategi di CFRA Research di New York kepada Reuters.

Baca Juga: China Perlonggar Kebijakan Covid-19, Bursa Asia Ditutup Naik pada Selasa (27/12)

China akan berhenti mewajibkan pelancong yang masuk untuk melakukan karantina mulai 8 Januari. China juga menurunkan kefatalan Covid-19 karena telah menjadi kurang ganas.

Saham perusahaan China yang terdaftar di AS seperti JD.Com Inc, Alibaba Group Holding Ltd, dan Pinduoduo Inc masing-masing naik sekitar 2% dalam perdagangan pra-pasar.

Perkembangan tersebut juga mengangkat saham operator kasino Las Vegas Sands Corp, MGM Resorts International, Wynn Resorts Ltd dan Melco Resorts & Entertainment Ltd antara 0,7% dan 4,1%.

Dengan beberapa sesi perdagangan tersisa tahun ini, investor berharap reli Santa di akhir bulan yang sebagian besar mengecewakan bagi saham AS.

"Ada peluang bagus untuk reli Sinterklas, 77% dari tahun-tahun sejak Perang Dunia Kedua, pasar saham telah melihat reli Sinterklas dengan perubahan harga rata-rata untuk S&P menjadi keuntungan sebesar 1,3%," kata Stovall.

Baca Juga: IHSG Masih Punya Peluang Menguat Pada Rabu (28/12)

Benchmark S&P 500 dan Nasdaq yang padat teknologi turun masing-masing 5,8% dan 8,5%, sejauh ini di bulan Desember. Kedua indeks saham menuju penurunan tahunan terbesar mereka sejak krisis keuangan tahun 2008.

Investor khawatir bahwa pengetatan kebijakan moneter agresif Federal Reserve untuk menjinakkan inflasi yang tinggi selama beberapa dekade dapat menyebabkan ekonomi AS mengalami resesi. Data ekonomi sejauh ini telah menawarkan sedikit harapan bahwa Fed dapat mengerem kenaikan suku bunga.

Sebuah laporan minggu lalu menunjukkan inflasi telah mendingin lebih lanjut. Tapi penurunan inflasi tidak cukup untuk mencegah bank sentral AS menaikkan suku bunga ke tingkat yang lebih tinggi tahun depan.

Pasar uang memperkirakan peluang 61% dari kenaikan suku bunga 25 basis points pada pertemuan Fed berikutnya di bulan Februari. Pasar memperkirakan suku bunga memuncak pada 4,94% di bulan Mei.

Baca Juga: Salip BBRI, Bayan (BYAN) Jadi Saham Dengan Market Caps Terbesar Kedua Setelah BBCA

Volume perdagangan tetap tipis karena investor kembali dari akhir pekan yang panjang. Sementara jadwal rilis data ekonomi juga sepi minggu ini dengan beberapa laporan penjualan rumah dan pekerjaan.

Harga saham Tesla merosot 5,2% setelah Reuters melaporkan produsen kendaraan listrik ini berencana untuk mengurangi jadwal produksi di pabrik Shanghai pada Januari.

Harga saham Southwest Airlines Co turun 3,8% setelah membatalkan ribuan penerbangan. Sementara harga saham AMC Entertainment Holdings Inc turun 5,7%, memperpanjang penurunan setelah jaringan bioskop tersebut mengungkapkan rencana untuk peningkatan modal minggu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati