Wamendag Jerry: Ekonomi Terus Tumbuh, Daya Tarik Indonesia Semakin Bersinar



KONTAN.CO.ID - Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan terus meningkat membuat Indonesia menjadi negara mitra dagang dan investasi utama yang menarik secara global. Banyak negara, termasuk Australia, melihat Indonesia sebagai pusat strategis di Asia Tenggara, sekaligus pintu gerbang utama untuk mengakses pasar Asia lainnya.

Hal ini dijelaskan Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga dalam Forum Bisnis IndonesiaAustralia yang diselenggarakan di Tangerang, Banten, Sabtu (12/10). Kegiatan yang mengangkat tema ‘The Best of Indonesia and Australia: Navigating Australia Biosecurity Import Regulations’ ini dihadiri sekitar 150 peserta yang terdiri atas pelaku usaha, akademisi, serta kementerian/lembaga terkait dan dilaksanakan di sela gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 2024 pada 9—12 Oktober 2024.

“Dengan kondisi ekonomi yang terus membaik, Indonesia bagi Australia adalah hub Asia Tenggara serta pintu gerbang utama dalam mengakses pasar Asia. Sedangkan, bagi Indonesia, Australia memiliki posisi khusus sebagai pintu gerbang kawasan pasifik yang lebih luas lagi,” terang Wamendag Jerry.


Wamendag Jerry menegaskan, Australia selalu menjadi mitra dagang penting Indonesia. Hubungan kedua negara telah diperkuat dengan pelaksanaan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership (IA-CEPA) yang diyakini membawa banyak peluang perdagangan bagi kedua negara, sekaligus membawa kemakmuran bagi kedua negara.

“Indonesia telah menyelesaikan dan melaksanakan sejumlah perjanjian perdagangan dengan mitra dagangnya. Melalui forum bisnis ini, saya ingin mengajak para pelaku bisnis Australia untuk melihat dan memanfaatkan peluang bisnis di Indonesia serta memaksimalkan implementasi IACEPA,” ungkap Wamendag Jerry.

IA-CEPA, sambung Wamendag Jerry, merupakan perjanjian yang komprehensif dengan cakupan yang tidak terbatas pada perdagangan barang, namun juga mencakup perdagangan jasa, investasi dan kerja sama ekonomi. Cakupan IA-CEPA yang komprehensif akan mendorong Indonesia dan Australia menjadi mitra sejati.

“Kegiatan forum bisnis ini penting karena dapat memberikan wawasan terbaru kepada para pelaku usaha di kedua negara. Sekaligus, saya mendorong para pelaku usaha Australia untuk terhubung dengan ribuan pemasok terpercaya Indonesia, termasuk melalui Trade Expo Indonesia 2024, untuk mendapatkan produk-produk terbaik Indonesia,” ujar Wamendag Jerry.

Wakil Kepala Perwakilan RI di KBRI Canberra, Lintang Paramitasari Parnohadiningrat menjelaskan, hubungan perdagangan Indonesia dan Australia telah berlangsung cukup lama dan saling menguntungkan.

“Kedua negara mempunyai hubungan yang saling melengkapi. Indonesia dan Australia mempunyai banyak potensi yang dapat dimanfaatkan oleh masing-masing negara untuk saling mengisi di berbagai sektor strategis,” terang Lintang. Plt.

Konselor Menteri Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Rod Commerford menyampaikan, kerja sama Indonesia dan Australia memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi ekonomi kedua negara, namun juga bagi sektor-sektor lainnya. “Kerja sama tersebut turut memberikan manfaat di bidang teknologi, pendidikan, infrastruktur, dan pengembangan sumber daya manusia,” jelas Rod.

Total perdagangan Indonesia-Australia pada periode Januari—Agustus 2024 tercatat sebesar USD 10,33 miliar atau meningkat 27,09 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke Australia sebesar USD 3,16 miliar.

Sedangkan, impor Indonesia dari Australia sebesar USD 7,16 miliar. Produk ekspor utama Indonesia ke Australia adalah komponen elektronik seperti peralatan penerima televisi, produk besi atau baja, mesin, produk kayu, dan peralatan komunikasi. Sementara itu, ekspor utama Australia ke Indonesia adalah batu bara, gandum dan meslin, bijih besi, logam, serta gula.

Baca Juga: TEI ke-39 Siapkan Fasilitas untuk Manjakan Buyer dan Pengunjung

Selanjutnya: Sri Mulyani dan Veronica Tan Sambangi Kertanegara Saat Prabowo Panggil Calon Menteri

Menarik Dibaca: Clarte Jewellery Gelar Pameran Perhiasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: