Wamendag Jerry Kunjungi Pasar Johar di Karawang Jelang Iduladha,Bapok Aman Terkendali



KONTAN.CO.ID - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menegaskan, stok barang kebutuhan pokok (bapok) di Karawang, Jawa Barat aman, serta harganya terkendali menjelang Iduladha 1444 H. Hal ini diungkapkan Wamendag Jerry saat mengunjungi Pasar Johar di Karawang, Jawa Barat, hari ini (24/6). Pada kunjungan tersebut, Wamendag Jerry didampingi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, Wakil Kepala Bulog Kabupaten Karawang Mustika.

”Hari ini saya meninjau dan melihat langsung kondisi pasar terbaik ketiga di Jawa Barat ini. Begitu dicek, harga bapok relatif stabil. Harga telur justru turun dan minyak goreng MINYAKITA juga masih sesuai harga eceran tertinggi (HET) yaitu Rp15.500/kg atau Rp14.000/liter,” kata Wamendag Jerry.

Berdasarkan pantauan, harga bapok di Pasar Johar tercatat beras medium Rp11.000—12.000/kg, beras premium Rp13.000/kg, bawang putih honan Rp40.000/kg, bawang merah Rp42.000/kg, cabai merah keriting Rp35.000/kg, cabai merah besar Rp40.000/kg, gula pasir Rp15.000/kg, minyak goreng kemasan premium Rp18.000/liter, daging ayam Rp44.000/kg, tepung terigu Rp11.000/kg.


Wamendag Jerry mengungkapkan saat ini stok bapok aman. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk hasil kerja sama pemerintah pusat dan pemerintah daerah, baik pemerintah kota, pemerintah kabupaten, dan pemerintah provinsi.

“Kami tadi berdiskusi dengan para pedagang untuk memastikan apa yang mereka dapat sesuai dengan apa yang mereka jual. Meskipun ada sedikit fluktuasi harga di beberapa komoditas, tetapi menjelang Iduladha ini harga bapok relatif masih stabil,” terang Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry juga menyaksikan transaksi dagang di Pasar Johar menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Digitalisasi pembayaran menggunakan QRIS lebih praktis bagi para pedagang dan pembeli di pasar.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti menambahkan, di beberapa toko dan kios di pasar rakyat sudah menggunakan QRIS. “Kami bangga QRIS sudah dipakai di beberapa toko dan kios yang kami datangi di pasar. Ada satu pesan dari saya, saat menggunakan QRIS, jangan lupa kita cek sekali lagi rekening tujuannya. QRIS itu memudahkan, tapi tetap untuk keamanan kita harus cek Bersama,” imbuh Destry.

Destry mengapresiasi kerja sama semua pihak yang telah mendorong seluruh pedagang di Pasar Johar untuk menggunakan QRIS. Hal ini adalah bukti QRIS juga dapat meningkatkan pendapatan para pedagang. Pasar Johar diharapkan dapat menjadi contoh bagi pasar-pasar lain di Jawa Barat.

Sosialisasi Ketahanan Pangan dengan Masyarakat Karawang

Setelah meninjau Pasar Johar, Wamendag Jerry menghadiri Forum Edukasi Publik dengan tema “Sinergi dan Inovasi dalam Menjaga Stabilitas Harga dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang” di Gedung Serbaguna Bintang Maruli di Karawang. Turut hadir Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Pada kesempatan tersebut, Wamendag Jerry menegaskan Kementerian Perdagangan siap membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memajukan usahanya. “Kementerian Perdagangan siap membantu UMKM. Silakan, Bapak dan Ibu yang memiliki usaha untuk berkonsultasi dan menghubungi kami. Kami akan bantu dengan pelatihan, menyediakan akses, dan tentunya pasokan,” kata Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry terus menyerukan kepada masyarakat untuk selalu bangga dengan buatan Indonesia dan membeli produk dari para pelaku usaha kecil menengah (UKM). Produk UKM Indonesia adalah produk unggulan yang perlu terus didukung dengan mempermudah promosinya, sehingga meningkatkan penjualannya.

Sementara, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menegaskan, Karawang akan tetap mempertahankan predikat sebagai lumbung padi nasional yang menyokong ketahanan pangan nasional. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Karawang juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan para pemangku kepentingan untuk terus menjaga stabilitas harga bapok, serta menjamin ketersediaan stok, khususnya di Kabupaten Karawang.

Baca Juga: Tinjau Pasar Murah di Bali, Mendag:Pemerintah Berkomitmen Jaga Stabilitas Harga Bapok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti