JAKARTA. Para perusahaan asuransi jiwa lokal semakin melirik bisnis asuransi jiwa berbalut investasi atau unitlink. Setidaknya, dua perusahaan asuransi jiwa nasional yang selama ini hanya berkutat berjualan asuransi tradisional bakal meluncurkan produk unitlink tahun ini. Kedua perusahaan asuransi itu adalah Asuransi Jiwa Adisarana WanaArtha (WanaArtha Life) dan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJB Bumiputera). WanaArtha Life akan meluncurkan produk unitlink pada kuartal kedua nanti. Sementara, AJB Bumiputera akan menjual unitlink sekitar kuartal kedua atau memasuki kuartal ketiga. Potensi pasar dan minat masyarakat terhadap produk unitlink yang besar menjadi pemicu perusahaan asuransi jiwa lokal ini tergiur memasarkan unitlink.
Maklum, berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Nasional (AAJI), tahun lalu, pendapatan dari unitlink melonjak 55,22%. Yakni, dari Rp 13,85 triliun di 2008 menjadi Rp 21,5 triliun di tahun 2009. Presiden Direktur WanaArtha Life Evelina F. Pietruschka pun berharap, produk unitlink dapat memberikan kontribusi positif terhadap bisnis perusahaannya. "Paling tidak di tahun pertama penjualan bisa menyumbang kontribusi hingga 20% dari total bisnis," katanya.