Wapres: Tingkatkan keterbukaan informasi



JAKARTA. Wakil Presiden Boediono menyambut baik penilaian yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat (KPI) terhadap jajaran institusi pemerintahan. Menurutnya keterbukaan informasi merupakan hal penting dalam sistem pemerintahan demokrasi seperti Indonesia. Karena itu, ia menilai keterbukaan informasi dari institusi pemerintah akan membuka kesempatan kepada publik untuk terlibat dan mengetahui jalannya pemerintahan.

"Kunci utamanya adalah keterbukaan informasi untuk membuka ruang bagi publik dalam mengontrol pemerintahan dan masyarakat bisa berpartisipasi di dalamnya," tutur Boediono dalam sambutannya pada acara penganugerahan keterbukaan informasi badan publik tahun 2013 di Istana Wakil Presiden, Kamis (12/12). Boediono meminta agar informasi yang diberikan kepada masyarakat terus ditingkatkan baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Kendati begitu, Mantan Gubernur Bank Indonesia ini menyarankan agar informasi yang diberikan semakin hari semakin bernilai baik dan memiliki nilai bagi masyarakat.

“Jadi yang penting, informasi yang diberikan ini memberikan nilai atau information value, ini yang seharusnya menjadi ukuran bagi kita," tambah Wapres. Mantan Menteri Keuangan ini juga menjelaskan bahwa informasi yang berkualitas dan penting adalah informasi yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Informasi tersebut bisa berupa informasi seputar pelayanan kesehatan, pelayanan Kartu Tanda Penduduk. Kalau bisa, ia menyarankan agar informasi itu disampaikan segamblang-gamblangnya. "Misalnya apa yang diperlukan dan berapa lama proses pengurusannya," papar Wapres. Menurut Boediono, informasi yang penting itu harus bersifat seperti pelayanan kepada publik. Karena itu, ia menyarankan agar informasi yang disampaikan ke publik  tidak hanya yang bersifat umum saja, tapi harus spesifik. "Jadi informasi publik ini jangan sampai dibatasi pada informasi umum saja, tetapi apakah merupakan kepentingan publik untuk ditanyakan kepada instansinya, mestinya perlu kita jawab juga," saran Boediono.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan