Warren Buffett: 6 Tips Cara Menjadi Kaya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warren Buffett, salah satu investor paling sukses sepanjang masa, telah memberikan banyak kebijaksanaan tentang uang dan kehidupan.

Mengutip GOBanking dari nasdaq.com, ini beberapa nasihat terbaik Warren Buffett tentang membangun kekayaan dan mencapai kesuksesan finansial.

Mulailah Berinvestasi Sejak Muda

Buffett sering menekankan pentingnya memulai investasi sejak dini. Prinsip bunga majemuk berfungsi seperti bola salju, yang akan tumbuh lebih besar jika memiliki lintasan panjang. “Jika saya keluar dari sekolah hari ini dengan US$10.000 untuk diinvestasikan, saya akan mulai dengan meneliti perusahaan-perusahaan,” kata Buffett.


Ia merekomendasikan fokus pada perusahaan kecil yang bekerja dengan modal lebih kecil, karena kemungkinan ada hal-hal yang terlewatkan oleh pasar.

Baca Juga: Berkshire Hathaway Milik Warren Buffett Siap Mengeluarkan Obligasi Berdenominasi Yen

“Anda harus membeli bisnis,” ia menegaskan, “atau bagian kecil dari bisnis yang disebut saham. Anda membelinya dengan harga yang menarik dan berinvestasi dalam bisnis yang bagus.” Menurut Buffett, nasihat ini akan tetap relevan bahkan 100 tahun dari sekarang.

Bersiaplah Saat Peluang Datang

Buffett menyatakan bahwa kesalahan terbesar dalam hidup adalah kesalahan yang tidak terlihat, atau kesalahan karena melewatkan peluang. Dalam hidupnya, ia mencatat bahwa ia tidak pernah kehilangan banyak uang dalam satu investasi, tetapi ada beberapa peluang besar yang ia lewatkan.

"Kami telah kehilangan keuntungan sebesar $10 miliar karena saya tahu cukup banyak untuk membuat keputusan, tetapi saya tidak melakukannya," katanya.

Menurutnya, kesempatan yang dilewatkan adalah kesalahan nyata. Ketika seseorang memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat keputusan tetapi gagal melaksanakannya, mereka kehilangan peluang besar.

Baca Juga: Warren Buffett Mengambil Alih Penuh Kepemilikan Berkshire Hathaway Energy

Pelajari "Bahasa Bisnis"

Buffett percaya bahwa siapa pun yang tertarik pada bisnis harus mempelajari akuntansi, karena ini adalah bahasa bisnis. "Anda harus belajar semua tentang akuntansi di usia 20-an," katanya.

Ia juga menekankan pentingnya memahami batasan dari bahasa ini serta aspek-aspek lain yang relevan dalam bisnis.

Menurut Buffett, bekerja di berbagai bisnis akan membantu seseorang memahami bagaimana bisnis beroperasi, yang pada akhirnya membangun kemampuan pengambilan keputusan di masa depan.

Membaca banyak literatur tentang bisnis dan berbicara dengan orang-orang yang bekerja di bidang bisnis juga menjadi saran penting dari Buffett.

Fokus pada Peluang yang Terabaikan

Buffett menyoroti pentingnya mencari peluang yang mungkin terabaikan oleh orang lain, terutama ketika bekerja dengan modal kecil.

“Jika saya bekerja dengan jumlah uang yang kecil, pilihan saya jauh lebih besar dibandingkan saat ini,” ujarnya.

Baca Juga: Warren Buffett: Aturan Utama dalam Investasi yang Harus Dipatuhi Setiap Investor

Dia menceritakan pengalamannya bekerja dengan modal kecil, di mana dia bisa menemukan perusahaan yang sangat murah untuk diinvestasikan. Tetapi, seiring dengan meningkatnya jumlah modal yang dikelola, pilihan investasi yang menguntungkan mulai menyusut.

Dikelilingi oleh Orang-orang Hebat

Buffett percaya bahwa penting untuk dikelilingi oleh orang-orang yang lebih baik daripada diri kita. “Anda akan bergerak ke arah orang-orang yang berinteraksi dengan Anda,” katanya.

Ia merasa sangat beruntung dikelilingi oleh guru, teman, dan pasangan yang lebih baik dari dirinya, dan ia cukup bijak untuk belajar dari mereka.

Ia menyarankan bahwa dalam memilih pasangan hidup atau rekan bisnis, penting untuk mencari orang-orang yang dapat menjadi contoh, bukan orang yang Anda harus perbaiki.

Lakukan Apa yang Anda Cintai dan Uang Akan Mengikuti

Buffett percaya bahwa mengikuti passion atau minat adalah kunci keberhasilan. “Tidak ada yang seindah mengikuti passion Anda,” katanya.

Baca Juga: Warren Buffett: Bagaimana Cara Berinvestasi di Pasar Saham Bukan Seperti di Kasino

Ia juga mengakui bahwa beberapa orang beruntung menemukan passion mereka lebih awal dalam hidup, tetapi jika Anda belum menemukannya, Anda harus terus mencari.

Dengan menjalankan sesuatu yang benar-benar Anda cintai, Buffett yakin Anda akan berhasil, karena dalam hal ini, tidak banyak kompetisi. “Jika Anda belum menemukannya, teruslah mencari,” sarannya.

Selanjutnya: APLN Hadirkan Show Unit Parkland Podomoro Seluas 130 Ha di Karawang

Menarik Dibaca: Shin Tae Yong Umumkan 27 Pemain Timnas Indonesia untuk Menghadapi Bahrain dan China

Editor: Handoyo .