Waspada, 5 penyebab mata merah ini bisa Anda alami



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penyebab mata merah yang bisa terjadi. Mulai dari faktor ringan hingga faktor lebih serius yang mengharuskan Anda mendapat perawatan medis. Supaya perawatan yang tepat bisa Anda dapat, sebaiknya kenali berbagai macam faktor yang membuat mata merah.

Mengutip dari Web MD (webmd.com), mata merah terjadi saat pembuluh darah yang terdapat di bagian putih mata melebar. Nah, hal itu yang membuat mata berwarna merah muda atau merah. Biasanya, kondisi itu juga dibarengi dengan gejala yang lain.

Misalnya, mata terasa gatal, muncul sensasi terbakar, dan keluar air mata. Segera periksakan diri ke dokterjika mengalami gejala-gejala tersebut dalam jangka waktu lama. Biasanya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk menentukan penyebab dan cara merawatnya.

Pembuluh Darah Pecah

Tak hanya melebar, pembuluh darah di bagian mata bisa pecah. Ada banyak faktor pemicu hal tersebut. Mulai dari mengangkat beban terlalu berat, bersin atau muntah yang terlalu kuat, menggosok mata terlalu kasar, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mengatasi mata merah bisa pakai bahan alami, simak kiatnya

Mata Kering

Mata kering atau dry eye adalah penyebab mata merah selanjutnya yang perlu Anda waspadai. Kondisi itu terjadi saat produksi air mata tidak maksimal atau air mata menguap dengan cepat. Air mata yang berperan sebagai pelumas mata tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar.

Selain menyebabkan kemerahan, mata kering juga ditandai dengan gejala lain. Misalnya, tak bisa menangis, muncul rasa gatal, kelopak mata terasa berat, pandangan mengabur, dan lain sebagainya. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin kemampuan penglihatan Anda bisa hilang.

Glaukoma

Glaukoma jadi penyebab mata merah lainnya yang perlu Anda perhatikan. Web MD mengatakan, glaukoma adalah kondisi di mana saraf optik tertekan dan rusak akibat cairan di depan mata yang menumpuk. Bisanya, glaukoma dapat menyebabkan kebutaan pada orang tua berusia lebih dari 60 tahun.

Baca Juga: Bisa mengganggu sistem syaraf, ini ciri-ciri kekurangan vitamin B12

Konjungtivitis

Konjungtivitis terjadi saat kelopak mata bagian dalam dan selaput pelindung mata mengalami peradangan. Kondisi itu terjadi akibat infeksi virus atau bakteri dan bisa menular dari satu orang ke orang lain. supaya teratasi dengan baik, jaga kebersihan tangan dan segera periksakan diri ke dokter.

Penyebab Lain

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan, masih banyak faktor lain yang membuat mata Anda berwarna merah. Bahkan, faktor-faktor ini tidak banyak disadari. Misalnya, asap rokok, parfum, debu, klorin yang ada di kolam renang, dan lain-lain.

Selanjutnya: Ini 4 cara mengatasi mata bengkak yang layak Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News