Waspada, 6 Jenis Batuk Ini Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung!



GEJAKA PENYAKIT JANTUNG - Batuk dianggap penyakit umum karena hampir setiap orang mengalaminya. Biasanya, batuk dikaitkan dengan kondisi gangguan kesehatan di saluran pernapasan.

Baik batuk kering atau batuk berdahak, semuanya relatif dianggap sebagai sakit ringan dan mudah membaik seiring dengan berjalannya waktu, baik dengan diberi obat maupun dibiarkan begitu saja. 

Akan tetapi, batuk ternyata bisa menjadi indikasi atau gejala dari penyakit atau gangguan kesehatan yang lebih serius seperti jantung. Apakah Anda sudah tahu soal ini?


Memang pada umumnya gejala atau tanda penyakit jantung berupa sesak napas dan kesulitan bernapas saat berbaring.  Namun ternyata batuk juga diam-diam bisa menjadi gejala dari penyakit mematikan ini. 

Dilansir dari BestLife, dokter penyakit dalam di Brigham and Women Hospital, Eva Shelton, MD, mengatakan ketika gagal jantung terjadi pada sisi kiri, darah dan cairan dari organ tersebut akan kembali ke paru-paru sehingga bisa mengakibatkan sesak napas dan batuk. 

Baca Juga: 4 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat, Anda Bisa Coba

Lantas apa saja ciri-ciri batuk yang merupakan gejala dari penyakit jantung? Bagaimana kita bisa mengetahuinya? 

1. Batuk kering 

Batuk kering dan mengi ternyata bisa menjadi ciri-ciri penyakit jantung. Kondisinya sama, paru-paru terendam banyak cairan dan tubuh ingin mengeluarkannya lewat batuk, namun paru-paru tidak bisa mengeluarkan banyak cairan, sehingga batuk terdengar lebih kering. 

Shelton menyebut kondisi ini sebagai asma jantung. Gagal jantung dapat menyebabkan cairan menumpuk di paru-paru, di dalam, dan di sekitar saluran udara. Semuanya ini dapat menyebabkan penderita mengalami sesak napas, batuk, dan mengi yang mirip dengan tanda dan gejala asma. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie