KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Media sosial beberapa waktu belakangan ramai membahas mengenai unggahan bernarasi mendapat telepon dari pihak yang mengaku Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menanyakan sudah vaksin atau belum. Melansir
Kompas.com, adapun unggahan tersebut dibagikan akun Instagram @drama.kereta pada Sabtu (29/4/2023). Dituliskan, akibat merespons dan menuruti permintaan penelepon yang mengaku dari Kemenkes itu, isi rekening terkuras habis.
"Barusan rekan saya mendapat telepon yang mengaku dari Kemenkes dan menanyakan apakah dia sudah divaksinasi, jika sudah tekan 1, jika belum tekan 2. Akibatnya, dia menekan 1, dan telepon diblokir dan diretas, dan semua data-data perbankan/online banking dibobol isi rekening dikuras habis," tulis narasi tersebut. Hingga Minggu (30/4/2023) siang, unggahan tersebut telah disukai lebih dari 1.300 kali oleh pengguna Instagram.
Baca Juga: Kemenkes Tambah Jenis Vaksin Booster untuk Antisipasi Sub Varian Arcturus Kemenkes buka suara
Saat dikonfirmasi, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pihak yang menelepon dan menanyakan soal vaksinasi itu bukan dari Kemenkes. "Ini tidak benar ya (bukan dari Kemenkes)," ujar Nadia ketika dihubungi
Kompas.com, Minggu siang. Ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan mengabaikan jika ada pihak-pihak yang mengatasnamakan Kemenkes.
Baca Juga: Kemenkes Bocorkan Cara Melakukan Diet Dash, Bisa Bikin Hipertensi Tak Berkutik "Betul, untuk berhati-hati karena Kemenkes tidak pernah membuat pertanyaan atau menelepon terkait vaksinasi," lanjut Nadia. Apabila mengalami atau mendapati hal seperti ini, Nadia berpesan untuk segera menghubungi Halo Kemkes melalui nomor 1500-567. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "
Ramai soal Mendapat Telepon Mengaku dari Kemenkes Tanya Sudah Vaksin atau Belum, Berujung Isi Rekening Dikuras" Penulis : Dandy Bayu Bramasta Editor : Farid Firdaus Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Barratut Taqiyyah Rafie