Waspada Penipuan Berkedok Jasa Pengiriman, J&T Cargo Ajak Pelanggan Lebih Hati-hati



KONTAN.CO.ID - Di era digital yang semakin canggih, masyarakat dimudahkan dengan berbagai layanan, termasuk dalam hal pengiriman barang dan paket. Kemudahan ini turut mendukung aktivitas sehari-hari baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Namun, di tengah perkembangan ini, ancaman keamanan juga turut meningkat, salah satunya adalah modus penipuan yang menyasar pengguna jasa pengiriman.

Baru-baru ini, J&T Cargo sebagai salah satu Perusahaan jasa logistik ternama menerima laporan adanya oknum yang mengatasnamakan perwakilan J&T Cargo untuk menipu pelanggan. Modus ini memanfaatkan identitas perusahaan guna memperdaya masyarakat agar mengirimkan uang atau informasi pribadi mereka. Kasus ini melibatkan oknum yang berpura-pura menjadi kurir atau perwakilan dari J&T Cargo, dengan tujuan memperdaya pelanggan agar mengirimkan uang atau menyerahkan informasi pribadi.

“Sebagai perusahaan yang berkomitmen pada pelayanan pelanggan, kami merasa perlu untuk memberikan informasi dan edukasi mengenai modus penipuan yang sedang marak agar masyarakat semakin waspada, Kami sangat menyarankan pelanggan untuk selalu memverifikasi kebenaran informasi dari pihak yang menghubungi mereka, terlebih jika berhubungan dengan transaksi keuangan atau data pribadi," ujar Nola, Media Relation J&T Cargo. Berikut adalah dua kasus yang terjadi beserta analisis untuk meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap ancaman serupa.


Modus Penipuan yang Dilaporkan: Dua Kasus Nyata Dalam kasus pertama, pelanggan menerima telepon dari seseorang yang mengaku sebagai kurir J&T Cargo. Oknum ini menyatakan bahwa pelanggan memiliki paket yang perlu dikirim, namun sistem menunjukkan ada biaya pengiriman yang perlu dibayar di muka. Kurir (penipu) menjelaskan bahwa pelanggan harus membayar biaya pengiriman terlebih dahulu untuk melanjutkan pengiriman.

Untuk membuktikan identitas dan keaslian paket, kurir (penipu) memberikan barcode pembayaran, tanpa melakukan verifikasi lebih lanjut, pelanggan percaya pada kata-kata kurir (penipu) dan memindai barcode tersebut untuk melakukan pembayaran. Sayangnya, setelah melakukan pembayaran, paket yang dijanjikan tidak kunjung diterima, dan kurir tersebut tidak bisa lagi dihubungi. Kemudian, pelanggan baru menyadari bahwa dia mungkin telah menjadi korban penipuan, dan biaya yang telah dibayarnya tidak bisa kembali.

Di kasus kedua, seorang pelanggan menerima telepon dari oknum yang mengaku sebagai outlet pengiriman J&T Cargo, menyatakan bahwa barang yang dipesannya rusak dalam proses pengiriman, namun perusahaan akan memberikan kompensasi. Penipu meminta pelanggan untuk memindai barcode dan memberikan informasi akun bank guna proses kompensasi. Terperdaya oleh permintaan ini, pelanggan akhirnya memasukkan informasi pribadi yang kemudian digunakan untuk mengakses dan menguras dana di rekeningnya.

Analisis Modus Penipuan: Dalam dua kasus di atas, pelaku penipuan menyamar sebagai bagian dari J&T Cargo untuk mengelabui korban, menggunakan alasan pembayaran biaya pengiriman atau pemberian kompensasi untuk meyakinkan pelanggan agar melakukan transfer atau memberikan informasi pribadi. Berikut adalah beberapa ciri utama dari modus penipuan ini: 1.    Klaim Biaya Pengiriman: Penipu mengaku sebagai "kurir J&T Cargo" dan mengklaim bahwa ada biaya yang harus dibayar terlebih dahulu sebelum pengiriman dilanjutkan. Modus ini bertujuan untuk membingungkan korban dan membujuknya melakukan transfer. 2.    Penawaran Kompensasi: Penipu menghubungi korban mengatasnamakan "outlet pengiriman J&T Cargo," menyatakan bahwa barang rusak dalam pengiriman dan akan ada kompensasi. Mereka meminta korban untuk memindai barcode dan memasukkan informasi akun bank guna mengambil keuntungan secara ilegal.

Titik Risiko yang Perlu Diwaspadai: Pelanggan sering kali tergiur untuk segera menerima paket atau kompensasi, sehingga cenderung mempercayai pihak penipu. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghindari kasus serupa: 1.    Tetap Waspada: Hindari melakukan transfer uang atau memberikan informasi pribadi melalui telepon, SMS, atau email dari pihak yang tidak dikenal. Jika ada permintaan biaya pengiriman atau kompensasi, segera hubungi customer service J&T Cargo di 021-80661666 untuk konfirmasi. 2.    Verifikasi Identitas: Pastikan identitas pihak yang menghubungi Anda sebelum mentransfer dana atau memberikan informasi pribadi. 3.    Hindari Memindai Barcode Tak Dikenal: Jangan memindai barcode atau mengklik tautan yang diberikan oleh pihak asing, guna melindungi informasi pribadi Anda. 4.    Laporkan Penipuan Segera: Jika Anda menjadi korban penipuan, segera laporkan ke pihak berwenang dan ubah kata sandi atau informasi akun Anda. "Kasus-kasus seperti ini sangat merugikan dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pelanggan," tambah Nola. "Maka dari itu, Kami mengajak seluruh masyarakat untuk lebih bijak dan berhati-hati terhadap setiap permintaan pembayaran atau informasi pribadi yang terkesan mencurigakan, Dengan menjaga kewaspadaan, kita semua dapat membantu mencegah kerugian lebih lanjut akibat penipuan ini," ujar Nola.

Selalu berhati-hati terhadap permintaan pembayaran atau informasi pribadi yang mencurigakan, dan gunakan jalur resmi untuk memverifikasi pengiriman. Tetap waspada dan pastikan keamanan informasi Anda agar terhindar dari ancaman serupa. Yuk lebih bijak dan waspada terhadap indikasi penipuan mengatasnamakan J&T Cargo

Tentang J&T Cargo

J&T Cargo mulai beroperasi pada 20 Agustus 2021 dan menjadi perusahaan logistik yang inovatif secara teknologi di bawah naungan merek J&T. J&T Cargo terus meningkatkan layanan dan mengoptimalkan biaya logistik berdasarkan standar operasional yang tinggi, sistem transportasi dan distribusi gudang yang kuat, dan aplikasi logistik yang canggih, untuk meningkatkan nilai distribusi bisnis bagi pelanggan dan menciptakan pengalaman logistik yang terbaik.

J&T Cargo berkomitmen untuk menyediakan layanan logistik yang smart, digital, dan visual kepada pelanggan. Mengusung tagline “Paket Besar, Cari J&T Cargo", J&T Cargo berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam mengirimkan Paket Kargo Anda Ke seluruh Indonesia dengan pemesanan yang mudah, full tracking, dan dibekali dengan tim operasional yang tinggi dan profesional, serta solusi logistik yang disesuaikan untuk berbagai industri, hingga memberikan solusi layanan VIP eksklusif.

Kualitas Layanan Dalam menjalankan operasional perusahaan, J&T Cargo telah tersertifikasi ISO 14001:2015 dan 45001:2018 mencakup sistem manajemen lingkungan dan sistem kesehatan, serta keselamatan kerja. Kami juga menjamin keamanan data para pelanggan melalui sertifikasi ISO 27001:2013. Serta seluruh proses operasional serta layanan yang kami berikan telah mengacu pada standar manajemen mutu ISO 9001:2015.

Baca Juga: Kuasai Pasar Domestik, J&T Cargo Hadir di Pameran Transport & Logistic Indonesia 2024

Selanjutnya: MA Bentuk Tim Pemeriksa Terkait Perkara Ronald Tannur

Menarik Dibaca: Begini Cara Repost Story WA, Fitur Baru yang Bisa Dicoba di WhatsApp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: