Waspada! Wilayah Ini bakal Hujan Lebat hingga Februari 2024



MOMSMONEY.ID - BMKG memperkirakan hujan intensitas lebat masih guyur beberapa wilayah hingga akhir Februari 2024.

Mengutip laman BMKG, berdasarkan analisa dan pemantauan data cuaca terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di beberapa wilayah di Indonesia. 

Hingga 28 Februari 2024 pukul 07.00 WIB hujan lebat bisa terjadi di beberapa wilayah seperti Banten dengan intensitas 118 mm, Bali 73,9 mm, Nusa Tenggara Timur 70 mm, DKI Jakarta 62 mm, dan D.I. Yogyakarta 56,4 mm. 


Baca Juga: Benarkah Bebas Visa ke Hong Kong, Begini Syaratnya!

Selain itu, hingga awal Februari 2024 Indonesia bakal diguyur hujan dengan variasi intensitas yang beragam. Kondisi ini dipicu oleh aktivitas Monsun Asia dan potensi seruakan dingin yang menyebabkan peningkatan massa udara basah di Indonesia bagian barat dan selatan ekuator. 

Pemicu terjadinya hujan dengan intensitas hingga lebat lainnya adalah aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di Indonesia bagian tengah yang memicu pembentukan awan hujan. 

Serta, adanya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia. Ini juga jadi pemicu hujan masih berlangsung hingga awal Februari 2024. 

Baca Juga: Bikin Kulit Cepat Tua, Ini 3 Efek Negatif Minum Alkohol bagi Kulit

BMKG mengimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan.

Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta