KONTAN.CO.ID - JAKARTA. WhatsApp resmi mulai menampilkan iklan di aplikasinya mulai Selasa (17/6/2025). Dalam rilis yang diumumkan melalui blog resminya, Meta menyebutkan bahwa iklan kini akan muncul di dalam tab Pembaruan, khususnya pada fitur Status dan Channel. Pengguna tidak akan melihat iklan dalam chat pribadi, grup, atau percakapan personal lainnya. Meta menegaskan bahwa perubahan ini tidak memengaruhi pengalaman mengobrol pengguna, karena semua iklan ditempatkan di luar area pesan pribadi.
Iklan Tayang di Dua Fitur WhatsApp
- Status: Iklan akan tampil di antara unggahan status pengguna lain, serupa dengan iklan pada Instagram Stories.
- Channel: Saluran bersponsor akan muncul dalam daftar Channel, memberikan peluang promosi bagi admin dan bisnis.
Data Apa Saja yang Dipakai?
WhatsApp menyatakan bahwa fitur iklan ini dirancang dengan pendekatan "paling privat". Namun, sejumlah data tetap digunakan untuk menampilkan iklan yang relevan, antara lain:- Negara atau kota pengguna
- Bahasa
- Channel yang diikuti
- Interaksi pengguna dengan iklan yang pernah dilihat
Fitur Tambahan di Tab Pembaruan
WhatsApp juga meluncurkan fitur-fitur baru yang bertujuan membantu pengguna menemukan konten dan bisnis, antara lain:- Langganan Saluran: Fitur berbayar untuk mengakses pembaruan eksklusif dari saluran favorit
- Saluran Dipromosikan: Saluran baru akan ditampilkan di direktori sebagai rekomendasi berdasarkan minat pengguna
- Iklan di Status: Pelaku usaha dapat menjangkau pelanggan langsung lewat promosi produk/jasa di fitur Status