Wih, harga properti premium terbang ratusan persen



JAKARTA. Kalau ada yang bilang sektor properti di Indonesia tengah terbang tinggi, rasa-rasanya itu bukanlah isapan jempol biasa. Residensial mewah di ibukota Jakarta mencatat kenaikan harga gila-gilaan, dan hingga hari ini masih saja banyak diburu pembeli, entah itu investor, end user, atau spekulan.
Ali Hanafiah Lijaya, Direktur Century 21, yang menangani wilayah elite Kelapa Gading dan Puri, berkisah, dalam dua tahun terakhir, harga properti di kawasan-kawasan elite sudah melejit harganya ratusan persen. "Kalau ada yang bilang lima tahun ini naik 80%, itu perlu dikoreksi. Dua tahun ini saja di Kebayoran Baru itu malah 300% growth harganya," ujar dia.
Dua tahun lalu, catatan dia, harga properti di Kebayoran Baru masih berkisar Rp 15 juta per m2. Sekarang? Sudah terbang tinggi mencapai kisaran Rp 40 juta hingga 100 juta. Beberapa titik lokasi malah naik  hingga lima kali lipat alias 500%!!
Daerah Kelapa Gading tak kalah panas pertumbuhan harga propertinya. Di perumahan Bukit Gading Villa yang dikembangkan oleh PT Summarecon Agung Tbk, harganya kini sudah di kisaran Rp 40 juta hingga Rp 50 juta per m2. Padahal dua tahun lalu, kisaran harganya baru Rp 15 juta - Rp 20 juta saja. Bukit Gading boleh dibilang daerah premiumnya kawasan Kelapa Gading.
Lantas, berapa harga properti termurah di kawasan yang tempo hari sempat terkurung banjir itu? "Sekitar Rp 15 juta, seperti di kompeks lama Molek dan kawan-kawan," jelas Ali.
Pertumbuhan harga rumah toko alias ruko di Kelapa Gading, lebih dahsyat. Ali bercerita, dua tahun silam, harga beli ruko masih sekitar Rp 3 miliar - Rp 4 miliar per m2. Tahun ini, harganya sudah merangkak tak tanggung-tanggung mencapai Rp 11 miliar per m2. "Kalau menawar, paling deal price-nya dapet Rp 10 miliar," ujarnya.
Adapun tarif sewa, catatan Ali, lajunya tidak secepat kenaikan harga propertinya. Tarif sewa tetap meningkat namun persentasenya tidak sekencang harga jual. Dua tahun lalu, tarif sewa ruko misalnya masih berkisar Rp 150 juta. Nah, saat ini beringsut menjadi Rp 200 juta - Rp 225 juta.
Simak ulasan selengkapnya tentang Booming Properti Premium di Jakarta, di Tabloid KONTAN Edisi 25-31 Maret 2013.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ruisa Khoiriyah