Wijaya Karya (WIKA) Lanjutkan Pembangunan Bendungan Cijurey Senilai Rp 724 Miliar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) melaporkan progres pembangunan Bendungan Cijurey Paket III di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Pembangunan Bendungan Cijurey paket III tersebut dikerjakan melalui skema konsorsium bersama JAKON (KSO) dengan porsi WIKA sebesar 70%. Nilai proyek yang diterima perseroan sebesar Rp 724 miliar.

Memasuki progress awal sebesar 1,63%, WIKA tengah berfokus dalam merampungkan pengerjaan jalan akses kanan dan galian bangunan spill way. Ini termasuk dalam lingkup pekerjaannya yang mencakup pembangunan jalan akses, bangunan pelimpah, dan hidromekanikal.


Baca Juga: Brantas Abipraya Bangun Bendungan Cijurey untuk Atasi Banjir di Karawang dan Bekasi

Pembangunan proyek ini direncanakan akan berlangsung hingga bulan Oktober 2028.

Proyek Strategis Nasional (PSN) yang digagas oleh Kementerian PUPR ini memiliki kapasitas daya tampung mencapai 9,76 juta meter kubik. 

Bendungan ini nantinya bermanfaat untuk mereduksi banjir dari hulu Sungai Cihoe sebesar 59,33% serta menyediakan irigasi untuk wilayah Kabupaten Bogor seluas 2.047 hektare. 

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito mengatakan, peran WIKA mendukung optimalisasi sumber daya air di Indonesia juga diwujudkan dengan partisipasi perseroan pada agenda World Water Forum 2024.

Baca Juga: Atasi Banjir Karawang-Bekasi, Brantas Abipraya Bangun Bendungan Cijurey

Menurut Budi, WIKA bersama BUMN Karya lainnya ikut serta memperkenalkan Indonesia sebagai tuan rumah yang punya kesadaran dan kepedulian yang tinggi terhadap potensi kemanfaatan air. Kesadaran itu kemudian diwujudkan ke dalam berbagai karya-karya infrastruktur.

“Karya-karya yang kami tampilkan pula merupakan hasil dari sinergi yang kuat dengan Kementerian PUPR,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Senin (27/5).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli