William Tanuwijaya ingin mitra Tokopedia tumbuh jadi merek global



KONTAN.CO.ID - NUSA DUA. Tokopedia punya inisiatif Makerfest guna menaikkelaskan mitra penjual UKM. CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, melalui inisiatif ini pihaknya ingin UKM jadi pemain besar di industri, bertranformasi jadi brand nasional lalu menjadi brand global.

"Ada 70% pedagang di Tokopedia merupakan orang yang pertama kali dalam hidupnya melakukan bisnis. Namun kadang terhenti pada satu titik. Kami melihat sebenarnya ada peluang bagi Tokopedia untuk melahirkan brand-brand masa depan Indonesia," ujar William kepada Kontan.co.id pada Gala Dinner 1st Nexticorn International Summit di Nusa Dua, Bali Rabu (9/5).

William ingin mitra penjual Tokopedia mengikuti jejak Mayora yang sudah mendunia. Apalagi saat ini jalur distribusi tidak lagi menjadi momok penting dalam membangun brand.

Guna mencapai tujuannya, William mengaku sudah menggelar Makerfest di dua kota yakni Medan dan Padang. William menargetkan dapat menyelenggarakan Makerfest di 8 kota hingga akhir tahun.

"Jadi kami optimistis Tokopedia bisa melahirkan harapannya ratusan, ribuan brand Indonesia baru yang kuat. Targetnya lima tahun ke depan, indikator keberhasilan minimal ada satu brand yang tumbuh bersama Tokopedia yang melantai di Bursa Efek Indonesia," pungkas William.

William mengambil contoh dari sosok Jessica Alba dengan brand Hornet. Lanjut William, Jessica memulai usahanya dengan melakukan pemasaran online hingga dapat menjadi produk brand yang global.

"Kenapa di Indonesia tidak bisa? Misalnya di kuliner kita kenal Kopi Tugu. Kenapa ga bersaing dengan Starbucks. Nah ini produk-produk yang ingin kita angkat," tutup William.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati