Wilmar gandeng Aidenvironment pantau pemasok bebas deforestasi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wilmar International Limited (Wilmar) menggandeng Aidenviroment untuk memastikan pemasok minyak sawit bebas deforestasi. Aidenvironment adalah konsultan independen yang berfokus pada perubahan iklim.

Wilmar mengambil keputusan ini setelah mendapat tekanan dan protes dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) lingkungan seperti Greenpeace. Pasalnya, para pemasok kerap dituding melakukan eksploitasi pada hutan.

Chief Sustainability Officer of Wilmar Jeremy Goon mengatakan, peningkatan pengawasan ini bagian dari komitmen perusahaan mendukung program tanpa deforestasi, tanpa lahan gambut, tanpa eksploitasi (NDPE).  

Aidenvironment akan mengembangkan database pemetaan lebih komprehensif terkait kepatuhan pemasok sawit Wilmar terhadap sawit berkelanjutan. Kebijakan baru ini dinilai berdampak pada petani  kecil yang belum memenuhi standar-standar perkebunan sawit berkelanjutan.  

"Kami tetap mengacu pada komitmen NDPE, dan rencana penguatan ini adalah bagian dari strategi keberlanjutan kami, sembari kami berjuang membawa industri minyak kelapa sawit menjadi industri bebas deforestasi dan konflik," kata dia, Selasa (11/12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .