KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan digital reality (AR-VR-AI) PT WIR Asia Tbk (
WIRG) menganggarkan dana belanja modal atawa
capital expenditure (capex) sebesar Rp 400 miliar untuk tahun 2022. Capex tersebut berasal dari dana hasil penawaran umum saham perdana atau
initial public offering (IPO) yang dilakukan WIRG di bulan April lalu. Anggaran capex WIRG digunakan untuk pengembangan proyek dan ekspansi bisnis perusahaan. Dimana, pada semester I-2022, realisasi capex yang sudah digunakan WIRG sebesar Rp 153 miliar.
Selain itu, WIRG kini sedang fokus pada
brand project Nusameta, yang bakal ditampilkan saat Presidensi G20 Indonesia pada November 2022 mendatang. “Kami akan menampilkan
prototype metaverse Indonesia di Presidensi G20 Indonesia 2022 nanti, sebelumnya kami tampilkan bertahap di Lexicons Bali, dan yang di G20 akan lebih lengkap,” jelas Direktur Utama WIRG Michel Budi. Asal tahu saja, saat ini WIRG memiliki beberapa lini bisnis di antaranya AR&Co; (
solution for brands), DAV (
solution for IOT Kios), Mind Store (
virtual store network), dan DM ID (
brand and metaverse consulting).
Baca Juga: WIR Group Tempatkan Mesin IOT DAV 2.0 di Sejumlah Gerai Retail Indonesia Project Manager Business Unit AR&Co; WIRG, Furqon Anwar menyatakan untuk produk dari AR&Co; diantaranya ada
app base, web base, Instagram base (filter Instagram),
showcase produk, dll. “Kami ada kerjasama dengan Hilo untuk pembuatan
game, app base, web base, instagram base (Instagram filter),
showcase produk secara virtual tanpa harus hadir ke acara tersebut, ada juga kerja sama dengan Atma Jaya yaitu pembuatan
brain untuk
medical student, ethnic divercity guna menunjukkan pariwisata secara
campaign,” kata Furqon Anwar kepada KONTAN (19/09). Sementara itu yang masuk dalam segmen DAV (solution for IOT Kios) diantaranya Alfa Kios yang menjual produk-produk yang tidak dijual di Alfamart (minimarket) seperti barang elektronik, otomotif, pembelian pulsa dan token listrik. Teknologi DAV ini juga memungkinkan konsumen untuk melakukan pemesanan dan pembayaran hingga pengiriman barang. Meski belum dapat tersedia dalam bentuk app, konsumen dapat dating ke Alfamart untuk menggunakan mesin DAV ketika ingin berbelanja produk lain yang tidak tersedia di Alfamart. Teknologi DAV versi 2.0 telah tersebar di ribuan lokasi seperti minimarket, hotel, bandara, apotek dan tempat umum lainnya di wilayah Jawa dan Bali.
Lebih lanjut segmen bisnis lainnya yakni Mind Store diantaranya ada Alfa store dimana konsumen dapat melihat keterangan produk dan juga harganya, serta dapat merasakan pengalaman masuk dunia metaverse. Melalui platform metaverse, WIRG membantu untuk menjembatani para
content creator, pengusaha, maupun konsumen dalam mengembangkan bisnis mereka dan melakukan interaksi dan transaksi dari jarak jauh sekalipun. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Anna Suci Perwitasari