WIR Group dan IMG Berkolaborasi Hadirkan Industri Motor Listrik di Metaverse



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT WIR Asia Tbk (WIRG), perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), berkolaborasi dengan PT Ilectra Motor Group (IMG). IMG ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kendaraan listrik roda dua.

Kerjasama ini untuk memanfaatkan teknologi metaverse dalam upaya menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan pemasaran, dan memberikan customer experience yang semakin baik.  

Nota kesepahaman kerja sama ditandatangani oleh Chief Sales & Marketing Officer WIR Group Gupta Sitorus dan Presiden Direktur IMG Purbaja Pantja saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.


Berkembangnya teknologi digital metaverse telah menghadirkan standar baru di dalam berbagai sektor dan industri, termasuk sektor otomotif roda dua yang menghadapi ketatnya kompetisi di dalam negeri.

“Kami menilai teknologi AR yang dikembangkan oleh WIR Group akan mampu meningkatkan berbagai potensi yang kami miliki sekaligus menghadirkan layanan impresif dan immersif bagi pelanggan kami,” kata Purbaja dalam siaran pers yang diterima Kontan, Jumat (19/8).

Baca Juga: WIR Asia (WIRG) Naik Daun Gara-Gara Metaverse

Indonesia saat ini mencatatkan penetrasi kepemilikan kendaraan roda dua tertinggi di dunia sekitar 42% berdasarkan jumlah kendaraan yang dimiliki per 100 populasi dan merupakan pasar terbesar ketiga untuk kendaraan roda dua pada umumnya dengan 6 juta sepeda motor terjual setiap tahun.  

“Sebagai pemain baru di industri ini tentu kami perlu menerapkan strategi dan upaya yang tepat untuk masuk dalam kompetisi di industri otomotof roda dua,” lanjut Purbaja.

Kehadiran metaverse diharapkan dapat mendukung upaya IMG untuk meningkatkan kinerja penjualan dan pemasaran serta membantu melakukan penetrasi pasar guna menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi, terutama generasi milenial. IMG melihat metaverse mampu membuka berbagai potensi dan menciptakan beragam peluang bagi bisnis di masa depan.

"Itu sebabnya, kami ingin ikut terlibat dalam perkembangan teknologi digital mutakhir ini,” jelas Purbaja.

Sebelumnya, IMG meluncurkan produk perdananya ALVA One pada ajang GIIAS 2022. Masih di acara yang sama, IMG telah melakukan kerja sama dengan WIR Group untuk mengembangkan Immersive Video Mapping Experience yang memberikan pengalaman immersif berkendara ALVA One dengan menggunakan teknologi augmented reality.

ALVA One tidak hanya akan menjadi produk motor listrik baru, melainkan juga sebagai “Game Changer” yang menghadirkan solusi mobilitas dengan kemudahan aplikasi. ALVA One akan menjadi bagian dari perubahan gaya hidup masyarakat urban sekaligus memberikan kualitas lingkungan yang lebih baik.

Sementara itu, Gupta Sitorus menjelaskan, hadirnya industri otomotif di metaverse akan memungkinkan produsen kendaraan menampilkan produk mereka dengan lebih atraktif, melakukan berbagai inovasi dalam banyak hal, utamanya pemasaran dan layanan pelanggan.

Dengan teknologi yang dikembangkannya, WIR Group optimistis mampu membantu meningkatkan kompetensi, baik lembaga maupun sumber daya manusia untuk mewujudkan standar yang ingin dicapai di semua lini industri. WIR Group pun menyiapkan platform teknologi yang dibutuhkan sekaligus menavigasikan mereka untuk hadir secara virtual maupun dalam melakukan kegiatan transaksional melalui integrasi Online to Ofline (O2O) di metaverse.

Kehadiran IMG kian memperkaya ekosistem dalam metaverse yang dikembangkan WIR Group, menyusul sejumlah sektor antara lain  pendidikan, perbankan, kesehatan, pariwisata, properti, ritel, UKM, media dan F&B.  

“Dengan pengakuan luas dan bukti kesuksesan kami dalam menerapkan teknologi AR, VR, dan AI di berbagai negara, kami akan membantu IMG dalam menjawab kebutuhan dunia usaha di industri otomotif roda dua di masa depan yang kian kompetitif,” kata Gupta.

Baca Juga: WIR Group Bersama Haus! Kembangkan Bisnis di Metaverse

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat