Xi Jinping: China Bersedia Menjadi Mitra dan Sahabat AS



KONTAN.CO.ID - BEIJING. Menurut media pemerintah China pada Rabu (16/10/2024), Presiden China Xi Jinping mengatakan kemitraan yang sukses antara China dan Amerika Serikat merupakan peluang bagi kedua negara untuk menjadi pendukung bagi pembangunan masing-masing, bukan menjadi hambatan. 

"China bersedia menjadi mitra dan sahabat Amerika Serikat. Ini akan menguntungkan tidak hanya kedua negara, tetapi juga dunia," kata Xi dalam sambutan dari suratnya kepada jamuan makan malam penghargaan tahunan 2024 dari Komite Nasional Hubungan AS-China, menurut laporan berita CCTV.

Mengutip Reuters yang melansir surat tersebut, Xi menunjukkan bahwa hubungan China-AS merupakan salah satu hubungan bilateral terpenting di dunia, yang memiliki pengaruh terhadap masa depan dan takdir umat manusia.


Kedua negara telah berselisih pendapat mengenai masalah keamanan nasional, pertikaian perdagangan yang sedang berlangsung, serta tindakan China di Laut China Selatan dan latihan militer yang semakin intensif di sekitar Taiwan.

Baca Juga: Xi Jinping Kunjungi Pulau Garis Depan yang Berhadapan dengan Taiwan, Ada Apa?

Hubungan dagang memburuk selama setahun terakhir dan berpusat pada sejumlah isu, termasuk pembatasan kendaraan listrik dan semikonduktor canggih.

"China selalu menangani hubungan China-AS sesuai dengan prinsip saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, dan kerja sama yang saling menguntungkan, dan selalu percaya bahwa keberhasilan China dan Amerika Serikat merupakan peluang bagi satu sama lain," kata Xi.

Tonton: Xi Jinping dan Vladimir Putin Makin Mesra, Ini Buktinya

Selanjutnya: Dipimpin TLKM dan BREN, Ini 10 Saham Net Buy Terbesar Asing Kemarin, Rabu (16/10)

Menarik Dibaca: Cara Mencadangkan Data HP Samsung untuk Meningkatkan Keamanan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie