Xiaomi Siap Lakukan Ekspansi Jaringan di Indonesia Tahun Ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peta persaingan industri manufaktur Indonesia turut diramaikan oleh kehadiran beberapa negara salah satunya adalah China. Perusahaan teknologi asal China, Xiaomi, tercatat mencetak penjualan tinggi di pasar Indonesia melalui produk smartphone, laptop, smart TV hingga kebutuhan rumah lainnya. Kinerja apik tersebut bahkan dicatat di tengah pandemi Covid-19.

Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia mengatakan, pihaknya akan terus memperkuat jaringan ritel online dan offline untuk memperluas jangkauan 400+ outlet ekslusif dan 4000+ preferred outlets yang ada di Indonesia.

"Sebagai brand global yang beroperasi di 100 negara dan pasar, Xiaomi terus berupaya menciptakan berbagai produk yang menakjubkan dengan harga sebenarnya agar semua orang di dunia dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik melalui inovasi teknologi," tuturnya kepada Kontan, Minggu (13/3).


Baca Juga: Xiaomi Luncurkan Redmi Note 11 Series di Indonesia 15 Maret, Ini Perkiraan Harganya

Alvin menambahkan, pihaknya terus melanjutkan momentum bisnis yang baik dengan berefleksi dari capaian tahun sebelumnya. Tahun 2021, untuk pertama kalinya Xiaomi menjadi brand ponsel nomor satu di Indonesia pada kuartal II  2021 dengan 28% market share dan 112% persen pertumbuhan yoy.

Alvin menjabarkan jika tahun 2021 merupakan tahun yang mengesankan bagi Xiaomi. Pihaknya menghadirkan 16 model ponsel pintar dari kategori entry-level hingga ultra premium, untuk menjangkau lebih banyak pengguna di Indonesia.

Tak hanya itu, Xiaomi juga membawa produk ekosistem pendukung seperti air fryer  dan vacuum cleaner, bahkan laptop dan tablet untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik lewat inovasi teknologi.

Melihat antusiasme yang ada di pasar Indonesia, Xiaomi saat ini sedang mempersiapkan beberapa produk inovatif yang berfokus terhadap pelanggan Indonesia. Pihaknya yakin dengan strategi saat ini, Xiaomi akan siap untuk menghadirkan lebih banyak produk lagi untuk pasar Indonesia padahal tahun ini.

Baca Juga: 10 HP Murah RAM Besar Terbaik di Tahun 2022 untuk Anda yang Butuh Banyak Aplikasi

Alvin optimistis melihat tahun 2022 menjadi tahun yang cukup menjanjikan. Situasi pandemi yang berangsur mereda dan upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah tentunya akan berdampak baik bagi ekosistem bisnis.

Pada tahun 2022, Xiaomi Indonesia memiliki beberapa strategi untuk memperkuat kepemimpinannya dalam produk perangkat pintar yaitu dengan penguatan posisi pada segmen high-end dengan kehadiran banyak produk, sekaligus mempertahankan kepemimpinan pasar di segmen lain dengan penguatan jaringan ritel hingga dua kali lipat agar lebih dapat dijangkau oleh pengguna.

"Kami juga lakukan dual-brand strategi antara Xiaomi dan POCO untuk memberikan kontras dalam segmen konsumen keduanya. Lalu, perluasan jangkauan regional dari segi ritel, purna-jual, dan sumber daya sekaligus pengenalan konsep new retail dengan produk AIoT yang memungkinkan konsumen untuk merasakan pengalaman smart life bersama produk ekosistem Xiaomi. Serta meningkatan layanan purna-jual lewat inovasi dan penambahan mutu layanan. Pada akhir tahun lalu misalnya kami mengenalkan konsep unit loan yang memungkinkan pengguna Xiaomi untuk mendapatkan pinjaman unit pengganti saat ponselnya sedang diperbaiki di Exclusive Service Center," ujar Alvin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .