XL Axiata bidik kontribusi lini pasca-bayar naik jadi 5%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Besarnya potensi pasar premium membuat PT XL Axiata Tbk (EXCL) membidik penambahan pelanggan pasca-bayar pada tahun ini. Penambahan pelanggan ini diharapkan mampu meningkatkan kontribusi produk premium ke pendapatan EXCL.

Group Head Premium Product EXCL Lyra Filiola mengungkapkan, saat ini ada 800.000 pelanggan yang menggunakan layanan pasca-bayar. Jumlah ini masih sangat kecil dibandingkan total pelanggan EXCL yang mencapai 53,5 juta pelanggan pada 2017 lalu.

Untuk itu, EXCL ingin menambah jumlah pelanggan layanan pasca-bayar. Emiten telekomunikasi ini menargetkan pertumbuhan pelanggan sekitar 3% sampai 5% setiap bulan. "Kami harap jumlah pelanggan pasca-bayar bisa meningkat menjadi 1 juta pelanggan di akhir tahun nanti," ujar Lyra di Jakarta, Kamis (15/3).


Penambahan jumlah pengguna pasca-bayar ini diharapkan berdampak positif ke pendapatan perusahaan. Dengan bertambahnya jumlah pelanggan, kontribusi layanan pasca-bayar yang saat ini menyumbang 3,5% dari total pendapatan diharapkan bisa meningkat menjadi 5% pada tahun ini.

Untuk mencapai target jumlah pelanggan baru, EXCL memperluas target pasar layanan pasca-bayar. Kali ini, EXCL mengincar kaum milenial berusia 23-35 tahun, terutama yang memiliki tingkat mobilitas dan penggunaan data yang tinggi.

Kelompok usia tersebut dinilai lebih mudah untuk digaet agar bisa beralih ke produk lain. "Kalau yang sudah lebih dewasa agak susah untuk berpindah karena mereka biasanya sudah loyal dengan produk yang mereka gunakan,"  kata Lyra.

Ia menambahkan, potensi pasar premium di Indonesia saat ini masih cukup besar. Hal ini lantaran banyak sekali pengguna yang mengeluarkan dana di atas Rp 100.000 Dengan begitu, EXCL masih memiliki potensi yang sangat besar untuk menggarap pasar ini di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini