XL Axiata bidik pelanggan pasca-bayar naik 100%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus berupaya menambah pelanggan pasca-bayar. Hingga akhir tahun lalu, EXCL mencatatkan jumlah pelanggan pasca-bayar hingga sekitar 600.000 pelanggan.

"Untuk pasca-bayar ditargetkan naik 100% dari tahun lalu," kata Tri Wahyuningsih, GM Corporate Communication EXCL kepada Kontan .co.id, Selasa (30/1). Dengan demikian, hingga akhir 2018, pelanggan pasca bayar EXCL ditargetkan mencapai sekitar 1,2 juta pelanggan.

Sejumlah upaya dilakukan EXCL untuk menarik pelanggan pasca-bayar melalui program seperti bundling dan cashback serta paket khusus bagi pelanggan pasca bayar. EXCL juga menghadirkan aplikasi khusus untuk pelanggan prioritas .


Beberapa program yang lain yang coba dihadirkan adalah prioritas di jaringan EXCL dan program loyalty.

Namun demikian, tak bisa dipungkiri jumlah pelanggan pascabayar ini jauh lebih sedikit dibandingkan  pelanggan pra-bayar EXCL. Sebagai perbandingan, di akhir 2017, jumlah pelanggan pra-bayar EXCL sudah mencapai 50 juta pelanggan.

Dalam risetnya, analis NH Korindo Arnold Sampeliling mengatakan, EXCL terus menerus mencoba mengambil kesempatan dalam momentum pertumbuhan industri dan sukses mencatatkan pertumbuhan tertinggi dalam industri komunikasi. "Kenaikan pendapatan ini didukung oleh tren kenaikan pengguna ponsel pintar sebesar 36,7 juta," kata Arnold dalam riset, Selasa (23/1).

Ia merekomendasikan beli saham EXCL dengan target harga Rp 4.400. Pada perdagangan hari ini, saham EXCL ditutup turun 3,51% ke level Rp 3.020 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini