KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) mencatatkan kenaikan trafik layanan data sebesar 15% dibanding hari biasa pada momentum Idul Fitri 1442 H. Sementara dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, trafik data XL Axiata melonjak 35%. Sebaliknya, trafik layanan telepon dan SMS pada masa Lebaran tahun ini justru turun. "Pasalnya pelanggan/masyarakat lebih banyak memanfaatkan layanan data," kata Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih (Ayu) kepada Kontan.co.id, Selasa (18/5). Dia mengatakan, selama periode Ramadan dan Lebaran tahun ini, trafik layanan didominasi oleh streaming platform yang mencapai 85% dan media sosial sebesar 8%. Pada layanan streaming, sejumlah aplikasi mencatatkan kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis permainan (game) yang rata-rata naik hingga 142%, Netflix 50%, YouTube 13%, dan Spotify 9%.
XL Axiata catatkan kenaikan trafik data 15% pada masa Lebaran tahun ini
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) mencatatkan kenaikan trafik layanan data sebesar 15% dibanding hari biasa pada momentum Idul Fitri 1442 H. Sementara dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, trafik data XL Axiata melonjak 35%. Sebaliknya, trafik layanan telepon dan SMS pada masa Lebaran tahun ini justru turun. "Pasalnya pelanggan/masyarakat lebih banyak memanfaatkan layanan data," kata Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih (Ayu) kepada Kontan.co.id, Selasa (18/5). Dia mengatakan, selama periode Ramadan dan Lebaran tahun ini, trafik layanan didominasi oleh streaming platform yang mencapai 85% dan media sosial sebesar 8%. Pada layanan streaming, sejumlah aplikasi mencatatkan kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis permainan (game) yang rata-rata naik hingga 142%, Netflix 50%, YouTube 13%, dan Spotify 9%.