XL Axiata (EXCL) Berharap Tren Kinerja Apik Terus Berlanjut



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk. (EXCL) berharap pihaknya dapat melanjutkan kenaikan kinerja yang dicatat di kuartal II 2023 di kuartal III 2023. Reza Mirza, Group Head Corporate Communications XL Axiata kepada Kontan menuturkan pihaknya berharap semua dapat berjalan sesuai dengan target yang ditetapkan perseroan. 

"Kami tentu berharap pencapaian pendapatan dan laba perusahaan di periode kuartal ketiga tersebut tetap positif dan sesuai dengan target kami," ujarnya saat dihubungi oleh Kontan, Kamis (19/10).

Emiten operator telekomunikasi ini tidak membuka lebih jauh mengenai gambaran kinerja Perseroan di kuartal III 2023. Ia hanya menyampaikan, pendapatan XL Axiata mayoritas masih dikontribusikan dari pendapatan layanan data dan digital hingga kini.


Sementara itu, di kuartal II 2023, pihaknya mencatatkan pertumbuhan tingkat penetrasi XL Satu sebesar 1.200 basis points (bps) dari 44% pada kuartal I 2023 menjadi 56% pada kuartal II 2023.

Baca Juga: Dirikan Anak Usaha Baru, Panca Budi (PBID) Fokus di Produk Daur Ulang Plastik Bekas

Berdasarkan laporan keuangan per 30 Juni 2023, pendapatan EXCL naik 12% (year-on-year/YoY) menjadi Rp 15,76 triliun, dari sebelumnya pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 14,07 triliun.

Naiknya pendapatan EXCL dikarenakan adanya kenaikan dari data dan layanan digital yang naik 11,99% (YoY) menjadi Rp 14,41 triliun. Segmen percakapan dan SMS naik 0,53% menjadi Rp 533,56 miliar.

Kemudian pendapatan jasa interkoneksi dan jasa telekomunikasi lainnya berkontribusi Rp 592,20 miliar. Diskon pendapatan EXCL turun signifikan sebesar 26,52% menjadi Rp 8,48 miliar. Lalu, segmen managed services melesat hingga 863,65% menjadi Rp 213,23 miliar. Sedangkan segmen jasa teknologi informasi juga ikut meroket 945,46% atau senilai Rp 23,63 miliar.

Lonjakan pendapatan ini membuat laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Rp 650,68 miliar, tumbuh 5,81% (YoY), dari sebelumnya pada semester I 2022 sebesar Rp 614,91 miliar.

Reza Mirza menambahkan, di momen Pemilu pihaknya memproyeksi kenaikan trafik tidak akan terlalu besar atau signifikan bila dibandingkan dengan momen di periode Lebaran.

"Namun demikian kami tentu akan tetap berupaya untuk terus mendorong peningkatan penggunaan layanan data selama momen tersebut sehingga harapannya juga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan," imbuhnya. 

Baca Juga: Danai Smelter Nikel, Harum Energy (HRUM) Kucurkan Pinjaman US$ 300 Juta ke Anak Usaha

Mengenai capex, EXCL juga enggan menyebut besaran realisasinya hingga kuartal III 2023. Tahun ini,EXCL alokasikan capex senilai sekitar Rp 8 triliun dan telah merealisasikan sebesar Rp 1,4 triliun di kuartal IV 2023.

"Saat ini kami masih dalam proses rekap, namun porsi serapan capex tentunya mayoritas untuk mendukung pengembangan jaringan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi