KONTAN.CO.ID- JAKARTA. Emiten operator telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan mengambil alih lini bisnis fix broadband PT Link Net Tbk (LINK), termasuk di antaranya 750.000 pelanggan. Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini menuturkan pengalihan pelanggan ini akan memperkuat posisi EXCL sebagai ServeCo dan mendorong pertumbuhan layanan fix broadband serta fix mobile convergence. "Pengalihan basis pelanggan Link Net menjadi tonggak penting bagi kami, karena akan memperluas basis untuk fix broadband dan layanan home entertainment," jelas dia dalam keterangannya, Rabu (6/12).
Dian mengatakan dengan tambahan 750.000 basis pelanggan ini membuat XL Axiata menjadi penyedia fix broadband terbesar kedua di Indonesia dengan 1 juta pelanggan. Baca Juga: Haloni Jane (HALO) Tambah Mesin Produksi Sambil Incar Ekspansi Pasar Ekspor "Kami juga terus mengeksplorasi upaya membangun sendiri last-mile fiber home passed sehingga bisa meningkatkan utilisasi aset yang lebih baik," kata Dian. Di samping itu, Link Net akan membangun jaringan untuk 2 juta home passed. Nantinya infrastruktur itu akan digunakan untuk melayani fix broadband dan fixed mobile convergence pelanggan XL Axiata. Setelah 2 juta home passed itu selesai, LINK akan memiliki ketersediaan hingga 6,5 juta home passed. Ini merupakan strategi Axiata Group Berhad untuk memperkokoh Link Net sebagai FiberCo. Direktur Link Net Kanisha Wickrama mengatakan kesepakatan tidak mengikat ini akan membuat LINK untuk fokus pada kompetensi bisnis inti sebagai pengembang jaringan. "Komitmen XL Axiata untuk memanfaatkan penambahan 2 juta home passed akan mendorong pertumbuhan Link Net yang tinggi di masa mendatang," katanya.