XL Axiata (EXCL) Catatkan Lonjakan Layanan Data 29% Sepanjang Nataru 2022



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) mencatatkan lonjakan layanan data sepanjang periode libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) sebesar 8% dibandingkan hari normal dan naik 29% dibandingkan periode Nataru tahun sebelumnya. 

Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50% dibandingkan kondisi hari normal. 

"Seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan nataru," ujar Gede dalam siaran pers, Selasa (3/1). 


Adapun layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan yang naik 25% dibanding hari normal. Lalu, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) meningkat 2% dan SMS sebesar 5% dibandingkan hari biasa. 

Baca Juga: Simak Rekomendasi Teknikal Saham BRPT, MIKA, BRIS, EXCL untuk Perdagangan Rabu (4/1)

Untuk trafik layanan streaming meningkat sebesar 25% dibandingkan trafik pada hari normal. Sementara trafik game meningkat sebesar 35% dan web browsing sebesar 30%. 

Kalau dijabarkan secara geografis, kenaikan trafik tertinggi terjadi di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta dengan kenaikan hingga 22%. Kemudian ada Bali, NTT, dan NTB sebesar 21%. Lalu, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah 19%.

Daerah tujuan wisata populer juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Bali, trafik data naik hingga 21% dibandingkan hari normal. Di alun-alun Solo naik hingga 90%, Lombok naik 25%. 

Hingga saat ini, XL Axiata telah memiliki 145.000 BTS termasuk lebih dari 90.000 BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130.000 kilometer. 

Baca Juga: Mengawali Tahun 2023, XL Axiata Hadirkan Bonus Double Kuota Setahun Penuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati