KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (
EXCL) mengatakan jika saat ini penetrasi Internet fiber broadband di indonesia masih sangat terbuka dan potensial jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Pasifik lainnya. Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih menambahkan jika permintaan kebutuhan masyarakat terhadap internet cepat dan stabil sangat besar, meskipun secara kompetisi juga sangat ketat. "Masyarakat saat ini disajikan berbagai jenis plihan paket dan layanan home fiber dari berbagai penyedia layanan (provider) termasuk tentunya XL Home. Peluang di tengah kompetisi yang ada tersebut tentunya menjadi tantangan bagi XL Home untuk memanfaatkannya menjadi solusi bagi pengguna internet di Indonesia," jelasnya kepada Kontan, Rabu (20/1).
Ia melanjutkan, saat ini masyarakat juga membutuhkan internet yang cepat dan stabil dengan harga terjangkau dan hiburan kekinian kelas dunia. Dengan demikian perluasan area layanan XL Home di kota-kota di Indonesia, akan terus menerus dilakukan. Ayu berkata, hal yang istimewa ditawarkan olej XL Home adalah inovasi untuk memberikan paket-paket yang terjangkau dengan kualitas dan jangkauan layanan yang senantiasa ditingkatkan. "Salah satunya adalah dengan memberikan kecepatan internet rumah hingga 100mbps dengan biaya langganan sebesar 299rb per bulan saja sehingga cukup terjangkau dengan kualitas kecepatan yang didapatkan," sambungnya. Untuk pelanggan lama, XL Home memberikan inovasi baru yang dapat mempermudah pelanggan dalam menikmati layanan internet XL HOME seperti yaitu dengan aplikasi MyXL, XL HOME Power WiFi yaitu perangkat yang dapat memperluas jangkauan sinyal.
Baca Juga: Selama pandemi, pengguna layanan XL Home meningkat dua kali lipat Ia berkata, ini cocok untuk digunakan untuk pelanggan yang memiliki rumah yang luas atau bertingkat, hingga paket super booster yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan internet sesuai kebutuhan. Ayu sendiri tidak memberikan detail bagaimana kontribusi penjualan XL Home pada perseroan. Namun hingga saat ini, XL Home terus tumbuh dengan baik dan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat, sehingga pengembangan layanan XL Home terus dilakukan XL Axiata di berbagai wilayah di Indonesia dan tentu diharapkan akan menjadi salah satu kontributor dalam mendukung performa perusahaan.
"Sejak diluncurkan pada Desember 2018, XL Home telah mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat. Di masa pandemi pertumbuhan pelanggan XL Home meningkat pesat hingga 2x lipat dari tahun 2019 dan saat ini mencapai lebih dari 90 ribu pelanggan," kata dia. Sementara itu, dari sisi jaringan, XL Home telah menggapai perluasan wilayah jangkauan jaringan di tahun 2020 bertambah 2x lipat dari tahun sebelumnya dan telah menjangkau hingga lebih dari 540ribu rumah (home passed) di kota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Malang, Medan dan yang paling terbaru di Palembang. "Secara keseluruhan selama Pandemi dan periode waktu diberlakukanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah (SFH), penggunaan akses internet Wifi mengalami peningkatan dari kondisi normal, termasuk tentunya untuk layanan XL Home yang meningkat trafiknya sekitar 20% dari kondisi normal. Penyebabnya karena meningkatnya aktivitas bekerja dan belajar dari rumah," tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Handoyo .