Yamaha Mau Meningkatkan Kapasitas Produksi



JAKARTA. Ini dia kabar terbaru dari PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Tingginya inden alias daftar tunggu pembelian produk motor Yamaha membuat YMKI berniat melakukan penambahan kapasitas produksinya.

Wakil Presiden Direktur PT YMKI Dyonisius Beti bilang, daftar tunggu pesanan  motor Yamaha saat ini sudah mencapai satu bulan. Beberapa produk yang permintaannya cukup tinggi antara lain Mio, Jupiter, serta Vixion. Oleh karenanya, perusahaan berniat melakukan penambahan kapasitas produksinya. "Peningkatan ini akan kami lakukan secara bertahap hingga 2010," tegasnya, hari ini.

Menurut Dyonisius, perusahaannya masih menghitung berapa banyak peningkatan yang akan dilakukan. Namun, ia menargetkan kapasitas produksinya akan mencapai 3 juta unit per tahun. "Semua tergantung dari kondisi ekonomi, kalau bagus kapasitasnya akan mencapai lebih dari 3 juta unit," jelasnya. Tapi, keputusan pasti mengenai hal tersebut akan diputuskan pada November mendatang. Saat ini, tambahnya, kapasitas produksi YMKI telah mencapai 2,4 juta unit.


Sayangnya, Dyonisius enggan menyebutkan berapa banyak dana yang disiapkan perusahaan untuk mewujudkan rencana itu. Namun, ia mengatakan, pada 2006 lalu YMKI menganggarkan dana sebesar US$ 70 juta  untuk menambah kapasitas sebanyak 600.000 unit. "Untuk dana investasi kali ini masih dalam perhitungan," jelasnya.

Selain itu, YMKI juga berencana meningkatkan pangsa pasarnya dengan mengeluarkan produk baru bulan depan. Tapi, ia masih belum mau membocorkan produk apa yang akan dirilis nanti. Yang pasti, menurutnya, ada beberapa kajian produk dan semuanya sudah disesuaikan dengan selera pasar. "Tunggu saja," katanya misterius.

Ia menambahkan, pertimbangan untuk meluncurkan produk baru lantaran adanya peningkatan penjualan motor pada tahun ini diluar pulau Jawa. Peningkatan tersebut dipicu tingginya harga komoditas. Tak heran, Dyonisius optimistis, penjualan motor tahun ini akan melebihi target. "Kami  menargetkan penjualan akan mencapai 6,2 juta unit," ucapnya. Padahal, sebelumnya, YMKI hanya menargetkan penjualan motor di Indonesia sebanyak 5,5 juta unit hingga 6 juta unit.

Tahun ini PT Astra Honda Motor (AHM) juga berniat melakukan peningkatan kapasitas produksi. Sigit Kumala General Marketing PT AHM mengatakan, peningkatan kepasitas produksi ini hanya dilakukan dengan cara menambah jam kerja setiap harinya. Sayang, Sigit enggan mengatakan berapa penambahan kapasitas yang akan dilakukannya. "Semua masih dalam penghitungan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie