JAKARTA. Banyak yang menganggap Yamaha R15 adalah V-ixion yang diberi jubah alias fairing. Namun, dalam peluncuran resmi yang dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) semalam (23/4), di Empirica, SCBD, Jakarta Selatan, cukup banyak perbedaan dari keduanya, terutama di sisi teknikal. M Abidin, GM Technical Department Service Division YIMM, menjelaskan bahwa mesin keduanya memang identik. Bahkan tenaga dan torsi sama, 16,5 PS @8.500 rpm dan 14,5 Nm @7.500 rpm. Namun, ada poin perbedaan yang membuat R15 punya karakter lebih sporty. ”R15 ini adalah versi terakhir dengan coefisien drag lebih baik 4 persen ketimbang model lama. Setelan ECU, karakter, dan handling berbeda dengan V-ixion,” ujarnya. Berikut perbedaan antara R15 dan New V-ixion Lightning (NVL): 1. Transmisi. Jika NVL punya lima gigi, R15 bertransmisi 6 percepatan. Otomatis, nafas dibuat lebih pendek untuk mengejar torsi dan tarikan awal. Menariknya, transmisi R15 bisa dipakai untuk NVL, tinggal plug and play. 2. ECU. Otomatis untuk menyesuaikan dengan transmisi baru 6 percepatan, setelan jauh berbeda. ECU R15 ditegaskan Abidin tidak cocok untuk NVL. 3. Karakter. Meski tenaga dan torsinya sama, namun karakternya berbeda. Tenaga yang didistribusikan ke roda belakang memang sama, namun di crank lebih besar R15. Bermanfaat untuk akselerasi dari kondisi diam atau kecepatan tanggung.
Yamaha R15 bukan sekadar V-ixion berjubah
JAKARTA. Banyak yang menganggap Yamaha R15 adalah V-ixion yang diberi jubah alias fairing. Namun, dalam peluncuran resmi yang dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) semalam (23/4), di Empirica, SCBD, Jakarta Selatan, cukup banyak perbedaan dari keduanya, terutama di sisi teknikal. M Abidin, GM Technical Department Service Division YIMM, menjelaskan bahwa mesin keduanya memang identik. Bahkan tenaga dan torsi sama, 16,5 PS @8.500 rpm dan 14,5 Nm @7.500 rpm. Namun, ada poin perbedaan yang membuat R15 punya karakter lebih sporty. ”R15 ini adalah versi terakhir dengan coefisien drag lebih baik 4 persen ketimbang model lama. Setelan ECU, karakter, dan handling berbeda dengan V-ixion,” ujarnya. Berikut perbedaan antara R15 dan New V-ixion Lightning (NVL): 1. Transmisi. Jika NVL punya lima gigi, R15 bertransmisi 6 percepatan. Otomatis, nafas dibuat lebih pendek untuk mengejar torsi dan tarikan awal. Menariknya, transmisi R15 bisa dipakai untuk NVL, tinggal plug and play. 2. ECU. Otomatis untuk menyesuaikan dengan transmisi baru 6 percepatan, setelan jauh berbeda. ECU R15 ditegaskan Abidin tidak cocok untuk NVL. 3. Karakter. Meski tenaga dan torsinya sama, namun karakternya berbeda. Tenaga yang didistribusikan ke roda belakang memang sama, namun di crank lebih besar R15. Bermanfaat untuk akselerasi dari kondisi diam atau kecepatan tanggung.