Yayasan WINGS Peduli Gelar Aksi Bersih Sungai Wonorejo di Jawa Timur



MOMSMONEY.ID -  Yayasan WINGS Peduli menggelar Aksi Bersih Sungai Wonorejo di Pantai Mangrove Wonorejo untuk memperingati Hari Bersih Sungai Sedunia. Inisiatif ini merupakan bagian dari program pembangunan ekosistem pengelolaan sampah yang holistik di Surabaya dan Jakarta Timur berbasis komunitas lokal, yang dilakukan bersama Waste4Change sebagai komitmen #WINGSPeduliLingkungan.

Aksi ini melibatkan puluhan sukarelawan dari berbagai bidang dan dilakukan secara holistik dengan kegiatan edukasi, pemungutan sampah, penanaman pohon bakau, hingga mendaur ulang sampah yang terkumpul.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Surabaya, Dedik Irianto, menyampaikan apresiasinya terhadap program ini. Pihaknya menyambut baik inisiatif Yayasan WINGS Peduli untuk menjaga kebersihan dan kelestarian pantai Wonorejo dengan melibatkan masyarakat lokal, termasuk Bank Sampah binaan mereka di Surabaya.


"Harapannya, program ini bisa mengurangi tumpukan sampah di Pantai Wonorejo serta membangun kebiasaan dan kesadaran masyarakat untuk melestarikan alam dan menjaga kebersihan di sekitar mereka,” tuturnya.

Baca Juga: Yayasan WINGS Peduli Gelar Kemerdekaan Bertema Lingkungan Rayakan Kemerdekaan RI

Pantai Wonorejo menghadapi ancaman serius dari sampah plastik dan abrasi hutan mangrove di sekitarnya. Menurut Mongabay (2022), sampah plastik yang dibuang sembarangan hingga ke muara sungai dan laut turut menghambat pertumbuhan ekosistem Mangrove Wonorejo.

Kawasan ini merupakan bagian dari Sungai Wonorejo yang esensial bagi sistem perairan di Jawa Timur karena terhubung ke Selat Madura serta masuk ke dalam kawasan konservasi berdasarkan perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jawa Timur Tahun 2014 tentang Perlindungan Pohon.

Yayasan WINGS Peduli bersama Waste4Change mengawali kegiatan dengan mengedukasi relawan mengenai program #PilahDariSekarang, kampanye pengelolaan sampah berbasis rumah tangga yang telah berjalan sejak 2023.

Setelah itu, relawan bersama fasilitator membersihkan kurang lebih 1 hektar wilayah pantai mangrove Wonorejo. Total terdapat 184,8 kg sampah yang terkumpul, didominasi oleh sampah non-organik dan residu.

Baca Juga: Yayasan WINGS Peduli Tanam Ratusan Pohon Mangrove dalam Program Aksi Hijau

Sampah terkumpul akan dipilah lebih detail, kemudian dikelola lebih lanjut oleh mitra Waste4Change menjadi material baru yang bernilai, termasuk kepada perusahaan daur ulang plastik dan kertas untuk digunakan kembali.

Sebagai upaya memelihara kelestarian ekosistem bakau, Yayasan WINGS Peduli bersama relawan juga menanam 100 unit pohon Mangrove di area tersebut.

Membersihkan sampah di sungai merupakan salah satu kegiatan yang merangkai inisiatif Yayasan WINGS Peduli dalam membangun ekosistem pengelolaan sampah yang holistik di Surabaya dan Jakarta Timur.

Berbasis pemberdayaan komunitas lokal, kegiatan ini diawali dengan kegiatan optimasi Bank Sampah bersama Waste4Change. Bank Sampah yang menjadi pionir dalam program ini adalah Bank Sampah ‘Bersih, Indah, Asri’ (BIA) di Kota Surabaya dan Bank Sampah Kartini 09 di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Bersama Waste4Change, Yayasan WINGS Peduli memberikan pelatihan mengenai lima aspek persampahan secara berkala, yakni Aspek Kelembagaan, Operasional Teknis, Pengelolaan Keuangan, Regulasi, serta Meningkatkan Partisipasi. Dengan bekal tersebut, diharapkan pengurus dapat menjalankan operasional Bank Sampah secara mandiri sekaligus menjadi tokoh perubahan di lingkungan mereka.

Program selanjutnya adalah kelas dan workshop terkait pemilahan sampah kepada nasabah dan warga di sekitar Bank Sampah, termasuk memperkuat kampanye #PilahDariSekarang.

Baca Juga: Yayasan WINGS Peduli Giatkan Kampanye Pilah dari Sekarang ke Karyawan WINGS Group

Dalam workshop yang diadakan oleh para experts, masyarakat diajarkan bagaimana mengubah sampah menjadi barang yang bernilai guna, sehingga memberikan dampak nyata bagi kesejahteraan mereka.

Dengan cara ini, sampah yang tadinya hanya dianggap sebagai limbah, dapat dimanfaatkan kembali dan menjadi solusi kreatif dalam mengurangi volume sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir.

Sheila Kansil, Perwakilan Yayasan WINGS Peduli, menjelaskan bahwa melalui kolaborasi bersama Waste4Change, kami harap dapat menghadirkan solusi yang inovatif dan praktis dalam pengelolaan sampah.

"Kami percaya bahwa upaya ini tidak hanya akan memberikan dampak positif terhadap lingkungan, tetapi juga akan meningkatkan kesejahteraan sosial komunitas. Inisiatif ini merupakan langkah penting dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah yang efektif dan berkelanjutan, serta mendorong partisipasi aktif mereka dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” ungkapnya.

Baca Juga: Yayasan WINGS Peduli Dukung Berjalan Bersama Penderita Autisme Wujudkan Inklusivitas

Berbagai upaya ini merupakan komitmen Yayasan WINGS Peduli untuk terus memperluas dampak positif dari program pengelolaan sampah yang holistik di berbagai wilayah di Indonesia, guna mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan sejahtera bagi generasi mendatang. Semua upaya ini sejalan dengan filosofi WINGS Group, yaitu “The Good Things in Life Should be Accessible for All”.

Founder dan CEO Waste4Change, Bijaksana Junerosano, menambahkan pihaknya mendukung inisiatif Yayasan WINGS Peduli dalam meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pengelolaan sampah secara sirkular.

"Upaya ini sejalan dengan misi kami di Waste4Change untuk mendorong praktik pengelolaan sampah yang lebih baik dan berkelanjutan," ungkap Bijaksana. 

 

Selanjutnya: Top! Tugu Insurance Boyong Penghargaan Asuransi Paling Efiesien di BIFA 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha