KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi membeberkan tujuh isu yang menjadi sorotan konsumen dan lembaga konsumen selama pandemi Covid-19. Ketujuh isu tersebut berkaitan dengan alat kesehatan produk kefarmasian yang mahal dan langka, relaksasi produk jasa finansial, sulitnya refund tiket pesawat dan hotel, fenomena tagihan listrik yang melonjak, keandalan, pelayanan dan belanja internet, komersialisasi dan efektivitas rapid test sebagai persyaratan perjalanan/aktivitas serta klaim kesembuhan obat Covid-19. Untuk isu yang pertama terkait produk dan alat kesehatan, Tulus mengatakan, banyak aduan yang disampaikan terkait harga yang mahal, barang langka serta banyaknya barang palsu. Produk dan alat kesehatan ini antara lain masker, hand sanitizer, multivitamin dan obat-obatan tertentu.
YLKI beberkan 7 isu perlindungan konsumen selama pandemi corona, apa saja?
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi membeberkan tujuh isu yang menjadi sorotan konsumen dan lembaga konsumen selama pandemi Covid-19. Ketujuh isu tersebut berkaitan dengan alat kesehatan produk kefarmasian yang mahal dan langka, relaksasi produk jasa finansial, sulitnya refund tiket pesawat dan hotel, fenomena tagihan listrik yang melonjak, keandalan, pelayanan dan belanja internet, komersialisasi dan efektivitas rapid test sebagai persyaratan perjalanan/aktivitas serta klaim kesembuhan obat Covid-19. Untuk isu yang pertama terkait produk dan alat kesehatan, Tulus mengatakan, banyak aduan yang disampaikan terkait harga yang mahal, barang langka serta banyaknya barang palsu. Produk dan alat kesehatan ini antara lain masker, hand sanitizer, multivitamin dan obat-obatan tertentu.