KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren pengaduan konsumen di sektor jasa keuangan tercatat berada di urutan pertama hingga menyumbang porsi 50% di sepanjang 2018. Persoalan seputar perbankan menjadi kontribusi utama jumlah pengaduan tertinggi. Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, dari total 234 pengaduan di sektor jasa keuangan, keluhan konsumen terhadap bidang perbankan tercatat sebanyak 103 pengaduan. Selanjutnya mengekor pinjaman online sebanyak 81 aduan, asuransi 21 aduan, leasing 21 aduan dan uang elektronik sebanyak delapan aduan. Permasalahan yang paling banyak dikeluhkan konsumen mengenai gagal bayar sebanyak 36 aduan, lalu berkaitan dengan administrasi 23 aduan dan keluhan mengenai kehilangan 18 aduan.
YLKI mencatat konsumen paling banyak mengadukan perusahaan perbankan sepanjang 2018
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren pengaduan konsumen di sektor jasa keuangan tercatat berada di urutan pertama hingga menyumbang porsi 50% di sepanjang 2018. Persoalan seputar perbankan menjadi kontribusi utama jumlah pengaduan tertinggi. Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, dari total 234 pengaduan di sektor jasa keuangan, keluhan konsumen terhadap bidang perbankan tercatat sebanyak 103 pengaduan. Selanjutnya mengekor pinjaman online sebanyak 81 aduan, asuransi 21 aduan, leasing 21 aduan dan uang elektronik sebanyak delapan aduan. Permasalahan yang paling banyak dikeluhkan konsumen mengenai gagal bayar sebanyak 36 aduan, lalu berkaitan dengan administrasi 23 aduan dan keluhan mengenai kehilangan 18 aduan.