KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) turut menanggapi kebijakan recall sejumlah mobil yang diterapkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) baru-baru ini. Dengan adanya recall, TAM melakukan penarikan kembali produk mobil yang telah terjual kepada konsumen. Manajemen TAM menyatakan bahwa recall mobil dilakukan untuk perbaikan komponen pompa bahan bakar (fuel pump). Terdapat beberapa model mobil Toyota yang terkena recall, contohnya Avanza, Alphard, Corolla, Rush, Innova, Fortuner, dll. Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi menyampaikan, recall kendaraan pada dasarnya hal yang biasa terjadi dalam industri otomotif. Bahkan, tindakan recall jelas harus dilakukan jika memang terjadi kesalahan atau masalah pada suatu kendaraan. Jika tidak dilakukan, justru hal ini akan membahayakan bagi konsumen yang sudah telanjur membeli produk tersebut.
YLKI: Recall mobil hal yang biasa, tapi prosesnya tidak boleh merugikan konsumen
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) turut menanggapi kebijakan recall sejumlah mobil yang diterapkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) baru-baru ini. Dengan adanya recall, TAM melakukan penarikan kembali produk mobil yang telah terjual kepada konsumen. Manajemen TAM menyatakan bahwa recall mobil dilakukan untuk perbaikan komponen pompa bahan bakar (fuel pump). Terdapat beberapa model mobil Toyota yang terkena recall, contohnya Avanza, Alphard, Corolla, Rush, Innova, Fortuner, dll. Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi menyampaikan, recall kendaraan pada dasarnya hal yang biasa terjadi dalam industri otomotif. Bahkan, tindakan recall jelas harus dilakukan jika memang terjadi kesalahan atau masalah pada suatu kendaraan. Jika tidak dilakukan, justru hal ini akan membahayakan bagi konsumen yang sudah telanjur membeli produk tersebut.