KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren pengaduan konsumen kepada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) turun naik dan tingkat aduannya dinilai masih rendah. Ketua YLKI Tulus Abadi, mengungkapkan bahwa di tahun 2021 ada 535 pengaduan kepada YLKI, dilihat dari lima tahun sebelumnya, angka ini masih naik dan turun, dan menurutnya ini juga terjadi di lembaga lain. Tulus mengatakan, bahwa tingkat aduan ini erat kaitannya dengan indeks kepercayaan konsumen (IKK). Ia menyebutkan bahwa IKK mengalami sedikit kenaikan dengan skor 50,39 dengan level mampu, tetapi salah satu indikatornya, yakni complaint habit atau kebiasaan mengadu skornya rendah.
YLKI: Tren Tingkat Pengaduan Konsumen Masih Rendah
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren pengaduan konsumen kepada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) turun naik dan tingkat aduannya dinilai masih rendah. Ketua YLKI Tulus Abadi, mengungkapkan bahwa di tahun 2021 ada 535 pengaduan kepada YLKI, dilihat dari lima tahun sebelumnya, angka ini masih naik dan turun, dan menurutnya ini juga terjadi di lembaga lain. Tulus mengatakan, bahwa tingkat aduan ini erat kaitannya dengan indeks kepercayaan konsumen (IKK). Ia menyebutkan bahwa IKK mengalami sedikit kenaikan dengan skor 50,39 dengan level mampu, tetapi salah satu indikatornya, yakni complaint habit atau kebiasaan mengadu skornya rendah.