Yuk Intip Inspirasi Desain Kamar 3x3 dengan Lantai Tambahan



MOMSMONEY.ID - Kamar tidur berukuran 3x3 meter memang dapat dikatakan cukup mungil. Kamar 3x3 meter ini biasanya digunakan sebagai kamar tidur di rumah bertipe 36, atau sebagai ukuruan kamar kost pada umumnya. Meskipun mungil, Anda tetap bisa membuat desain kamar 3x3 meter ini menjadi kamar kekinian dan kamar tidur estetik. 

Melansir Dekoruma, salah satu desain kamar tidur ukuran 3x3 yang bisa Anda ikuti adalah membuat lantai tambahan dengan kayu. Lantai ini bisa Anda fungsikan sebagai tempat tidur. 

Baca Juga: Suka Desain Gaya Minimalis? Kenali Asal Mulanya Yuk!


Buat lantai tambahan atau mezanine dengan ukuran yang lebih besar ketimbang kasur

Untuk membuat desain ini, pastikan langit-langit di rumah Anda masih memiliki cukup ruang untuk beraktivitas meski sedang berada di lantai mezanine. Anda bisa membuat ukuran yang sesuai dengan ukuran kasur queen. Jika ukuran dibuat pas, maka di lantai tambahan hanya bisa untuk tidur. Jika ukuran lantai dibuat dengan ukurang kasur king, piluhlah kasur dengan ukuran yang lebih kecil. Sehingga Anda bisa meletakan meja kecil di atas sebagai tempat meletakan handphone bahkan televisi. 

Berikan pembatas atau pegangan pada tepi kasur dan tangga

Pembatas ini berfungsi sebagai keamanan saat Anda sedang tidur atau naik – turun tangga. 

Buat lemari pada bagian bawah lantai tambahan

Anda bisa menggunakan lemari terbuka atau pun tertutup sesuai selera. Anda bisa memberikan satu sisi untuk lemari gantung dan pada bagian bawah dibuat laci atau kompartemen penyimpanan. Sedangkan di sisi lain yang berhadapan bisa dijadikan khusus sebagai lemari baju lipat. 

Buat meja rias pada bagian tengah di bawah lantai

Anda bisa meletakan meja rias dengan cermin yang besar untuk memberi kesan luas. Letak meja rias ini berada di antara sisi yang Anda jadikan lemari. 

Baca Juga: Ingin Mengubah Suasana Kamar, Mulai dengan Pilihan Cat Warna Dinding Kamar Ini

Buat meja belajar pada sisi samping tangga

Jika Anda membutuhkan meja kerja atau meja belajar, bisa diletakan di sisi tangga. Usahakan jangan letakan meja belajar di dekat pintu masuk supaya Anda masih memiliki ruang yang cukup untuk akses keluar masuk kamar. 

Gunakan dominan warna putih atau cokelat kayu

Warna putih dapat memberikan kesan luas pada kamar, dan membantu memberikan pencahayaan yang cukup. Terutama bila tidak memiliki jendela kamar yang besar atau tidak mendapatkan pencahayaan matahari yang cukup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta