KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring dengan ikhtiar mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dan produsen produk halal terbesar di dunia (global halal hub) pada 2024, ekosistem halal di Indonesia terus mengalami eskalasi dan menciptakan tren yang menjanjikan. Pilihan pada gaya hidup halal (halal lifestyle) saat ini tak lagi karena perintah ajaran Islam, melainkan pada kesadaraan manfaat kebaikan yang besar bagi kehidupan (toyiban). Hal inilah yang memperluas peluang bisnis produk halal di berbagai sektor, seperti kuliner, fesyen, farmasi, kosmetik, media, pariwisata, pendidikan, ibadah haji dan umrah hingga preferensi keuangan syariah, bahkan properti, hotel, dan rumah sakit, menjadi lahan bisnis halal yang menantang dan menjanjikan. Berdasarkan hasil data Indonesia Halal Market Report pada tahun 2021/2022, Indonesia merupakan pasar konsumen halal terbesar di dunia dengan nilai konsumsi produk halal mencapai US$ 184 miliar dolar pada tahun 2022. Disisi lain, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mengelola kesempatan peluang industri halal, baik di kancah regional, nasional dan global. Terlebih, penduduk muslim di Indonesia mencapai 209,1 juta jiwa, angka ini mewakili 12,1% total populasi muslim di dunia.
Yuk Simak, Ada Tiga Pameran Produk Halal Besar di Tahun Ini
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring dengan ikhtiar mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dan produsen produk halal terbesar di dunia (global halal hub) pada 2024, ekosistem halal di Indonesia terus mengalami eskalasi dan menciptakan tren yang menjanjikan. Pilihan pada gaya hidup halal (halal lifestyle) saat ini tak lagi karena perintah ajaran Islam, melainkan pada kesadaraan manfaat kebaikan yang besar bagi kehidupan (toyiban). Hal inilah yang memperluas peluang bisnis produk halal di berbagai sektor, seperti kuliner, fesyen, farmasi, kosmetik, media, pariwisata, pendidikan, ibadah haji dan umrah hingga preferensi keuangan syariah, bahkan properti, hotel, dan rumah sakit, menjadi lahan bisnis halal yang menantang dan menjanjikan. Berdasarkan hasil data Indonesia Halal Market Report pada tahun 2021/2022, Indonesia merupakan pasar konsumen halal terbesar di dunia dengan nilai konsumsi produk halal mencapai US$ 184 miliar dolar pada tahun 2022. Disisi lain, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mengelola kesempatan peluang industri halal, baik di kancah regional, nasional dan global. Terlebih, penduduk muslim di Indonesia mencapai 209,1 juta jiwa, angka ini mewakili 12,1% total populasi muslim di dunia.