Yunani ajukan proposal Zona Ekonomi Khusus



ATHENA. Yunani tak mau terus terpuruk dalam resesi ekonomi. Berbagai upaya terus dicari. Selain meminta bantuan sana-sini, kini Negeri Para Filsuf itu berencana membentuk Zona Ekonomi Khusus.

Zona ini dibangun untuk menarik minat investor swasta yang pada akhirnya bisa membantu penanganan krisis di negara tersebut.

Beberapa iming-iming yang ditawarkan dalam program ini adalah keringanan pajak dan administrasi. Saat ini, Athena telah mengajukan skenario tersebut pada Komisi Eropa untuk mendapatkan persetujuan.


Menteri Pembangunan, Sostis Hatzidakis memaparkan, program ini diyakini bisa meningkatkan kesejahteraan sektor riil dengan menciptakan sebuah rezim khusus untuk menarik minat para investor. "Tujuan utamanya adalah menggenjot aktivitas ekspor," ujarnya.

Yunani saat ini masih menanti dana talangan dari Troika yang terdiri dari Komisi Eropa, European Central Bank (ECB) dan International Monetary Fund (IMF). Dalam periode 2008-2012 ekonomi Yunani telah menyusut lebih dari seperlima. Biang keroknya adalah pengetatan kebijakan anggaran.

Editor: