Zoom menutup sementara akun aktivis berbasis di AS setelah acara Tiananmen



KONTAN.CO.ID - SHANGHAI.  Zoom Video Communications (ZMO) untuk sementara waktu menutup akun milik sekelompok aktivis China yang berbasis di Amerika Serikat setelah mereka mengadakan acara untuk memperingati 31 tahun penumpasan di Lapangan Tiananmen di Tiongkok.

Humanitarian China mengatakan, acara yang mereka adakan pada tanggal 31 Mei diselenggarakan oleh akun berbayar dan diikuti lebih dari 250 orang di seluruh dunia melalui platform konferensi video Zoom.

Sementara lebih dari 4.000 streaming di media sosial, banyak dari mereka berasal dari Tiongkok. Akun itu ditutup pada 7 Juni, kata mereka dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters, Kamis (11/6).

Baca Juga: Memanas, Hong Kong sebut AS dan Taiwan kipasi api protes di wilayahnya

Zoom mengonfirmasi akun berbasis AS telah ditangguhkan tetapi sekarang telah diaktifkan kembali. "Ketika pertemuan diadakan di berbagai negara, para peserta di negara-negara tersebut diharuskan untuk mematuhi hukum setempat masing-masing," kata Zoom dalam sebuah pernyataan melalui email.

“Kami membatasi tindakan yang perlu kami ambil untuk mematuhi hukum setempat dan terus meninjau dan meningkatkan proses kami dalam masalah ini,” terang managemen Zoom.

Perayaan penindasan berdarah di China terhadap aksi protes pro-demokrasi di Lapangan Tiananmen merupakan masalah yang sangat sensitif di Tiongkok dan konten yang terkait dengannya secara teratur diblokir atau disensor oleh pihak berwenang.

Baca Juga: Hong Kong: Campur tangan AS dan Taiwan kipasi api protes di Hong Kong

Pendiri kemanusiaan Tiongkok Zhou Fengsuo mengatakan di akun Twitter-nya bahwa grup itu belum menerima jawaban dari Zoom tentang mengapa akunnya ditutup.

Editor: Noverius Laoli