AirAsia Tunjuk Veranita Yosephine Sinaga Sebagai Direktur Utama di Indonesia


JAKARTA, 8 November 2019 - AirAsia hari ini mengumumkan penunjukan Veranita Yosephine Sinaga sebagai Direktur Utama PT Indonesia AirAsia (AirAsia Indonesia), anak perusahaan PT AirAsia Indonesia Tbk (AAID), menggantikan pejabat sebelumnya Dendy Kurniawan.

Sebagai bagian dari tim kepemimpinan senior di AirAsia, Veranita bertanggung jawab terhadap operasional maskapai AirAsia di Indonesia, dan menjalankan misi perusahaan untuk menyediakan penerbangan terjangkau.

Bersama dengan pemangku kepentingan dari pemerintah dan industri lainnya, Veranita akan menjalankan peran penting untuk memimpin upaya transformasi seiring dengan langkah perusahaan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih dari sekadar penyedia layanan transportasi udara tetapi juga sebagai penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup, dan juga layanan keuangan.

Komisaris PT Indonesia AirAsia, Pin Harris mengatakan, “Veranita bergabung ke AirAsia di saat yang menggembirakan. Dalam setahun terakhir, AirAsia telah menunjukkan perkembangan yang signifikan, dengan penambahan empat unit Airbus A320 dan ekspansi jaringan penerbangan yang semakin luas. Dengan pengalaman Vera dalam pasar yang masih bertumbuh, serta pemahaman terhadap kebutuhan konsumen, strategi dan pengembangan penjualan, saya yakin beliau akan membawa AirAsia Indonesia terbang tinggi.”

President (Airlines) AirAsia Group, Bo Lingam mengatakan, “Veranita merupakan sosok yang tepat untuk membawa AirAsia Indonesia ke masa depan, terutama dengan kecakapannya dalam bidang komersial dan jiwa kepemimpinan serta semangat kolaborasi yang tinggi. Indonesia selalu menjadi bagian penting dari strategi kami di ASEAN, dan kami akan selalu menjadi pendukung dan pendorong pertumbuhan pariwisata serta ekonomi masyarakat dengan menyediakan transportasi udara yang terjangkau. Saya yakin Vera dapat memperkuat posisi kami di pasar terbesar ASEAN ini. Saya juga ingin berterima kasih atas kerja keras Dendy yang telah memperbaiki profitabilitas AirAsia Indonesia dan mengembangkan jaringan penerbangan internasional ke Indonesia dalam tiga tahun masa baktinya.

Veranita bergabung dengan AirAsia Indonesia sebagai Deputy CEO pada bulan Juli 2019, berbekal 18 tahun pengalaman di bidang penjualan dari industri fast-moving consumer goods (FMCG). Sebelum bergabung dengan AirAsia, Veranita menjabat sebagai Sales Director di Kraft Heinz Indonesia, dimana beliau berhasil melahirkan sejumlah terobosan di bidang komersial serta beberapa inisiatif bisnis yang mendorong pertumbuhan. Beliau sebelumnya juga pernah bergabung dengan Danone Waters Indonesia dan British American Tobacco Indonesia.

Veranita mendapatkan gelar MBA dari INSEAD, dan gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung. Vera sangat percaya terhadap nilai-nilai individu, keberagaman dan inklusivitas. Beliau mendapatkan pengakuan dari UN Women melalui penghargaan HeForShe di New York pada tahun 2016 atas kontribusinya dalam bidang kesetaraan gender.

Terkait penunjukannya sebagai Direktur Utama PT Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine Sinaga mengatakan ”AirAsia selalu membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin, dan bergabung menjadi salah satu dari segelintir pemimpin wanita di industri transportasi udara merupakan sebuah kehormatan bagi saya. Saya sangat bangga menjadi bagian dari AirAsia yang selalu memberikan kesempatan bagi semua orang untuk bermimpi dan akan bekerja bersama dengan Allstar melanjutkan babak baru pertumbuhan di Indonesia."

AirAsia Indonesia mengoperasikan 27 pesawat Airbus A320 dengan lebih dari 1.100 penerbangan setiap minggunya dari basis operasi di Jakarta, Surabaya, Medan, Bali dan Lombok.

Tentang AirAsia

AirAsia adalah perusahaan layanan perjalanan dan platform keuangan terkemuka di Asia Pasifik yang menyediakan layanan penerbangan, perjalanan, gaya hidup dan keuangan. AirAsia berawal dari sebuah maskapai yang beroperasi di Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, India, dan Jepang yang telah mengangkut lebih dari 600 juta penumpang ke lebih dari 150 destinasi di Asia, Australia, Timur Tengah hingga Amerika Serikat. Sebagai maskapai, AirAsia dikenal dengan layanan kelas dunianya yang telah dinobatkan sebagai Maskapai Low-Cost Terbaik Dunia 11 kali berturut-turut pada ajang Skytrax sejak tahun 2009 hingga 2019, dan juga World's Leading Low-Cost Airline untuk 7 kali berturut-turut pada ajang World Travel Awards sejak tahun 2013 hingga 2019. AirAsia berkembang dan bertransformasi menjadi tidak hanya sekedar bisnis maskapai penerbangan namun juga merambah ke bisnis hotel, liburan, aktivitas, belanja online yang terintegrasi ke dalam platform perjalanan dan gaya hidup airasia.com, platform logistik terintegrasi Teleport dan layanan keuangan digital BigPay. Ikuti akun sosial media AirAsia di Facebook (AirAsia), Twitter (@AirAsia_Indo), Instagram (@airasia_bhsindonesia), YouTube (AirAsia), Weibo (@????) and WeChat (????)

Editor: Administrator 3
Publisher