Allianz Indonesia Umumkan Kerja Sama dengan Bank QNB Indonesia


Jakarta, 18 Maret 2020 – PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) dan PT Bank QNB Indonesia Tbk (Bank QNB Indonesia) mengumumkan peresmian kerja sama strategis untuk menyediakan solusi perlindungan asuransi melalui jalur distribusi bancassurance. Allianz Life Indonesia akan menjadi penyedia produk dan layanan asuransi jiwa bagi nasabah Bank QNB Indonesia untuk 10 tahun ke depan.

Sebagai awal dari kerja sama ini, efektif di tanggal 24 Februari 2020, Bank QNB Indonesia mulai mendistribusikan produk asuransi jiwa unit link yang disediakan oleh Allianz Life Indonesia. Dengan demikian, nasabah perorangan dapat mengakses perlindungan asuransi dari Allianz Life Indonesia di 19 cabang Bank QNB Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Bersama dengan mitra bisnis kami, Allianz Life Indonesia terus berusaha memenuhi kebutuhan berbagai segmen nasabah. Kemitraan yang kami bangun dengan Bank QNB Indonesia akan menyatukan dua kekuatan brand kami. Kerja sama ini menyatukan aspirasi yang sama, yaitu untuk memberikan berbagai solusi perlindungan asuransi kepada lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, khususnya untuk nasabah Bank QNB Indonesia,” kata Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Bentuk komitmen Allianz Life Indonesia dan Bank QNB Indonesia dalam kerja sama strategis ini ditandai dengan peluncuran dua produk perlindungan asuransi jiwa unit link, First InvestShield dan First LifeShield. Kedua produk ini akan memberikan manfaat perlindungan yang lengkap dan kesempatan bagi nasabah Bank QNB Indonesia untuk mendapatkan pertumbuhan investasi yang menarik.

First InvestShield adalah produk asuransi jiwa unit link premi tunggal (single premium) untuk nasabah yang menginginkan perlindungan terhadap diri, keluarga dan asset mereka. Sedangkan First LifeShield adalah produk asuransi jiwa unit link premi berkala (regular premium) yang akan memberikan perlindungan komprehensif dan dapat dilengkapi dengan berbagai pilihan manfaat tambahan (rider) sesuai kebutuhan nasabah. Kedua produk ini, menyediakan berbagai pilihan unit link funds Allianz dalam mata uang IDR dan USD.

“Bank QNB Indonesia telah melayani masyarakat Indonesia selama lebih dari 100 tahun dan komitmen kami masih sama, yaitu untuk menyediakan produk dan layanan keuangan komprehensif yang sesuai dengan kebutuhan nasabah kami. Dalam setahun terakhir, kami fokus memperkuat fondasi untuk melayani masyarakat dengan lebih baik lagi dan terus bertumbuh di Indonesia. Yang terpenting adalah senantiasa menyediakan produk dan layanan inovatif untuk nasabah kami,” kata Stewart Hall, Presiden Direktur Bank QNB Indonesia. “Kerja sama strategis dengan Allianz Life Indonesia akan mewujudkan tujuan tersebut dengan diluncurkannya produk First InvestShield dan First LifeShield. Kerja sama ini dengan produk-produknya memungkinkan kami untuk terus menyediakan solusi dengan nilai tambah bagi nasabah kami serta terus mengembangkan bisnis kami di Indonesia,” tutup Stewart.

* * *

Tentang Allianz Indonesia Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.

Tentang Allianz di Asia Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di wilayah ini sejak 1910, dimana awalnya Allianz menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Cina. Saat ini, Allianz aktif di 14 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 32.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 18 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 92 juta nasabah personal dan perusahaan. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 673 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investor mengelola aset tambahan sebesar 1,4 trilliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2018, lebih dari 142.000 karyawan di lebih dari 80 negara meraih total pendapatan 131 miliar Euro dan laba operasional sebesar 11,5 miliar Euro.

Tentang Bank QNB Indonesia

PT Bank QNB Indonesia Tbk berdiri di Medan pada tahun 1913 dengan nama NV Chunghwa Sangyeh Maatschappij yang kemudian pada tahun 1965 mengubah namanya menjadi PT Bank Kesawan. Bank memindahkan lokasi kantor pusat ke Jakarta pada tahun 1990. Pada tahun 2011, Bank memperkuat struktur permodalan melalui Right Issue yang menjadikan Qatar National Bank (Q.P.S.C.) atau QNB Group sebagai pemegang saham pengendali dan kemudian berubah nama menjadi PT Bank QNB Kesawan Tbk.

Bank melakukan transformasi besar dalam nama dan logo pada 5 November 2014; dari PT Bank QNB Kesawan Tbk berubah menjadi PT Bank QNB Indonesia Tbk. Saat ini, Bank memiliki 19 Kantor Cabang yang tersebar di seluruh Indonesia serta didukung oleh lebih dari 100.000 mesin ATM melalui jaringan ATM Bersama dan PRIMA. Di tahun 2018, melalui Right Issue VI kepemilikan saham QNB Group naik menjadi 92,48%. Bank mendapatkan peringkat “idAAA” oleh Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) yang berlaku hingga 1 April 2020.

Tentang Qatar National Bank Q.P.S.C. (QNB Group)

Qatar National Bank (Q.P.S.C.) atau QNB Group didirikan pada tahun 1964 sebagai Bank komersial milik negara Qatar pertama, dengan pembagian struktur kepemilikan dipegang oleh Qatar Investment Authority (50%) dan selebihnya (50%) dipegang oleh anggota masyarakat. Di tahun 2020, Brand Finance memberikan penghargaan kepada Qatar National Bank (Q.P.S.C.) sebagai merk bank paling bernilai (most valuable banking brand) di Timur Tengah dan Afrika dengan nilai sebesar USD 6.0 miliar. QNB Group mempertegas keberadaannya di tengah pasar yang kompetitif melalui visi tahun 2020: menjadi bank terdepan di Timur Tengah, Afrika dan Asia Tenggara.

Qatar National Bank (Q.P.S.C.) saat ini telah hadir di lebih dari 31 negara di tiga benua, menawarkan layanan dan produk perbankan yang komprehensif. Bank saat ini melayani 25 juta nasabah yang didukung lebih dari 29.000 karyawan yang tersebar di 1.100 lokasi serta lebih dari 4.300 jaringan ATM.

Editor: Marketing Exabytes
Publisher